ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI KEUANGAN DALAM MEWUJUDKAN AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI ANGGARAN DANA DESA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Desa Pardawaras, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus)

TIKA, MAYLANI (2022) ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI KEUANGAN DALAM MEWUJUDKAN AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI ANGGARAN DANA DESA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Desa Pardawaras, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI TIKA MAYLANI BAB 1  BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI TIKA MAYLANI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Akuntabilitas dan Transparansi unsur penting yang tidak dapat dipisahkan dalam sebuah laporan keuangan yang baik dan akuntabel akan menghasilkan sebuah laporan keuangan yang baik transparan. Tercatat kasus korupsi di sektor anggaran dana desa menjadi kasus yang terbanyak ditindak oleh aparat penegak hukum selama tahun 2019, terdapat 46 kasus korupsi disektor anggaran desa dari 271 kasus korupsi selama 2019. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan akuntansi keuangan dalam mewujudkan akuntabilitas dan transparansi anggaran dana desa pada desa Pardawaras dan pandangan perspektif ekonomi Islamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan akuntansi keuangan dalam mewujudkan akuntabilitas dan transparansi anggaran dana desa di desa Pardawaras dan dalam perspektif ekonomi Islam. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan cara menguraikan dan merinci kalimat-kalimat sehingga dapat ditarik kesimpulan yang jelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akuntansi keuangan yang diterapkan pemerintah desa Pardawaras telah berperan dalam akuntabilitas dan transparansi dalam anggaran dana desa di Desa Pardawaras. Dalam melaksanakan pertanggung jawaban pengelolaan dana desa di Desa Pardawaras berdasarkan setiap proses dilakukan oleh perangkat desa sesuai hukum pemerintah yang telah diatur oleh permendes dan permendagri. Perangkat desa telah melaksanakan tugasnya, dana yang telah dialokasikan untuk kegiatan akan dibuatkan Baliho/Banner Infomasi dan akan dipasang di depan Balai Pekon. Ekonomi islam memiliki nilai-nilai dasar dan prinsip-prinsip islam yaitu Pertanggung jawaban, Keadilan, dengan menjunjung tinggi nilai kebenaran, ketakwaan, kejujuran, dan amanah. Kata kunci : Akuntansi Keuangan, Akuntabilitas dan Transparansi Anggaran Dana Desa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Nov 2022 07:18
Last Modified: 24 Nov 2022 07:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21790

Actions (login required)

View Item View Item