Pengaruh Digital Banking Dan Service Quality Terhadap Keputusan Customer Retantion Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Bandar Lampung Kedaton)

Rendy, Dwi Pangestu (2022) Pengaruh Digital Banking Dan Service Quality Terhadap Keputusan Customer Retantion Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Bandar Lampung Kedaton). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Rendy Dwi Pangestu-1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat tidak akan terlepas dari kegiatan transaksi real maupun transaksi digital. Tetapi pada saat ini dunia sedang mengalami sebuah fenomena penyakit seperti yang terjadi dinegeri kita Indonesia, fenomena tersebut adalah pandemi corona virus (Covid-19). Karena hal tersebut, bagi industri perbankan syariah dituntut untuk melayani nasabah dari rumah, oleh sebab itu perbankan syariah melakukan pelayanan nasabah melalui digitalisasi layanan bank, baik layanan digitalisasi transaksi dalam penghimpunan dana maupun pembiayaan dan tetap menerapkan perspektif ekonomi islam dengan tujuan mmpertahankan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Digital Banking terhadap Keputusan customer retention, mengetahui pengaruh Service Quality terhadap Keputusan customer retention, mengetahui pengaruh Digital Banking dan Service Quality terhadap Keputusan customer retention dan Mengetahui Digital Banking dan Service Quality dalam Perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan jenis metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil data dari responden dengan metode Slovin Method. Teknik pengambilan sampel penelitian yang digunakan peneliti adalah sampling aksidental. Teknik analisis data pada Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptf, uji validitas dan reliabilitas, Uji Asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji Multikolineritas, uji Heterokedastisitas dan uji homogenitas, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan uji t, uji f dan uji R2 . Hasil penelitian ini adalah Digital Banking berpengaruh signifikan terhadap Customer Retantion. Service Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Retantion. terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan variabel Digital banking dan Service Quality terhadap Customer Retantion dan Digital Banking dan Service Quality memiliki prinsip-prinsip dalam ekonomi. Kata Kunci : Digital Banking, Service Quality, Customer Retention. iii ABSTRACT In everyday life, people will not be separated from real transaction activities and digital transactions. But at this time the world is experiencing a disease phenomenon like what happened in our country Indonesia, the phenomenon is the corona virus pandemic (Covid-19). Because of this, the Islamic banking industry is required to serve customers from home, therefore Islamic banking provides customer service through digitizing bank services, both digitalizing transactions in raising funds and financing and continuing to apply an Islamic economic perspective with the aim of retaining customers. This study aims to determine the effect of Digital Banking on customer retention decisions, determine the effect of Service Quality on customer retention decisions, determine the effect of Digital Banking and Service Quality on customer retention decisions and determine Digital Banking and Service Quality in an Islamic Economic Perspective. This study uses a type of quantitative method. This research was conducted by taking data from respondents using the Slovin Method. The research sampling technique used by the researcher is accidental sampling. The data analysis technique in this study used descriptive statistical analysis, validity and reliability tests, classical assumption test consisting of normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test and homogeneity test, multiple linear regression analysis and hypothesis testing using t test, f test and R2 test. The results of this study are Digital Banking has a significant effect on Customer Retention. Service Quality has a positive and significant effect on Customer Retention. there is a simultaneous and significant effect of Digital banking and Service Quality variables on Customer Retention and Digital Banking and Service Quality has economic principles. Keywords: Digital Banking, Service Quality, Customer Retention.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Nov 2022 06:36
Last Modified: 24 Nov 2022 06:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21788

Actions (login required)

View Item View Item