ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KETERSEDIAAN FITUR BSI MOBILE TERHADAP EFISIENSI NASABAH DALAM PEMBAYARAN ZAKAT, INFAQ, SEDEKAH, DAN WAKAF (ZISWAF) (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Bandar Lampung Kedaton)

PUTRI, IMANIAR (2022) ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KETERSEDIAAN FITUR BSI MOBILE TERHADAP EFISIENSI NASABAH DALAM PEMBAYARAN ZAKAT, INFAQ, SEDEKAH, DAN WAKAF (ZISWAF) (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Bandar Lampung Kedaton). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Putri Imaniar.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Meski mayoritas orang Indonesia adalah Muslim yang memiliki potensi besar dalam pengumpulan dana zakat, infaq, sedekah, dan wakaf, jumlah dana yang terkumpul secara nasional melalui lembaga zakat masih jauh dari yang diharapkan. Tentu saja ada banyak hal yang membuat penghimpunan zakat itu masih tidak maksimal, salah satunya adalah masih minimnya masyarakat yang melakukan pembayaran zakat secara online melalui mobile banking. Meskipun jumlah pengguna mobile banking terus meningkat setiap tahun tetapi tidak berimbas pada jumlah muzakki atau pembayar zakat secara online. Untuk menjangkau lebih banyak muzakki sekaligus nasabah, Bank Syariah Indonesia memanfaatkan platform digital yaitu BSI Mobile dengan menghadirkan fitur Berbagi-Ziswaf. Dengan hadirnya fitur berbagi ziswaf, Bank Syariah Indonesia berharap dapat mempermudahkan dan juga memberikan efisiensi kepada nasabah dalam pembayaran ziswaf. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana kualitas layanan dan ketersediaan fitur BSI Mobile berpengaruh terhadap efisiensi nasabah dalam pembayaran zakat, infaq, sedekah, dan wakaf (ZISWAF) pada nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Bandar Lampung Kedaton. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas layanan dan ketersediaan fitur BSI Mobile terhadap efisiensi nasabah dalam pembayaran zakat, infaq, sedekah, dan wakaf (ZISWAF). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengankuesioner sebagai instrumen untuk memperoleh data dari sampel 100 nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Bandar Lampung Kedaton. Metode analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah Structural Equation Modeling (SEM-PLS) dengan dibantu menggunakan software SmartPLS 3.2.9. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan BSI Mobile terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap efisiensi nasabah dalam pembayaran zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ZISWAF). Sedangkan ketersediaan fitur BSI Mobile terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap efisiensi nasabah dalam pembayaran zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ZISWAF). Kata Kunci: Kualitas Layanan, Ketersediaan Fitur, BSI Mobile, Efisiensi nasabah dalam pembayaran ziswaf iv ABSTRACT Although the majority of Indonesians are Muslims who have great potential in collecting zakat, infaq, alms, and waqf funds, the amount of funds collected nationally through zakat institutions is still far from what is expected. Of course there are many things that make zakat collection still not optimal, one of which is the lack of people who make online zakat payments through mobile banking. Although the number of mobile banking users continues to increase every year, it does not affect the number of muzakki or zakat payers online. To reach more muzakki as well as customers, Bank Syariah Indonesia utilizes a digital platform, namely BSI Mobile by presenting the Sharing-Ziswaf feature. With the presence of the ziswaf sharing feature, Bank Syariah Indonesia hopes to make it easier and also provide efficiency to customers in ziswaf payments. This study discusses how service quality and availability of BSI Mobile features affect customer efficiency in paying zakat, infaq, alms, and waqf (ZISWAF) to customers of Bank Syariah Indonesia KCP Bandar Lampung Kedaton. The purpose of this study is to examine and analyze the effect of service quality and availability of BSI Mobile features on customer efficiency in paying zakat, infaq, alms, and waqf (ZISWAF). This study uses a quantitative approach with a questionnaire as an instrument to obtain data from a sample of 100 customers of Bank Syariah Indonesia KCP Bandar Lampung Kedaton. The analytical method used in testing the hypothesis is Structural Equation Modeling (SEM-PLS) with the help of SmartPLS 3.2.9 software. The results in this study indicate that the service quality of BSI Mobile has a negative and insignificant effect on customer efficiency in paying zakat, infaq, alms, and waqf (ZISWAF). While the availability of the BSI Mobile feature has a positive and significant effect on customer efficiency in paying zakat, infaq, alms, and waqf (ZISWAF). Keywords: Service Quality, Feature Availability, BSI Mobile, Customer efficiency in ziswaf pembayaran payments

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Nov 2022 06:26
Last Modified: 24 Nov 2022 06:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21785

Actions (login required)

View Item View Item