MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SD ISLAM AZ ZAHRA BANDAR LAMPUNG

Aini, Iqrima (2017) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SD ISLAM AZ ZAHRA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil survey mengenai: (1) perencanaan sarana dan prasarana; (2) pengadaan sarana dan prasarana ; (3) penyimpanan sarana dan prasarana ; (4) pemeliharaan sarana dan prasarana. Penelitian majemen sarana dan prasarana pendidikan di SD Islam Az Zahra Bandar Lampung merupakan penelitian deskriptif dengan metode survey dan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang manajemen mutu dan guru. Teknik pengambilan data adalah dengan wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisis data menggunakan model Miles dan Humberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: (1) Perencanaan sarana dan prasarana pendidikan terbagi menjadi perencanaan sarana prasarana program, dan perencanaan sarana prasarana rumah tangga. Perencanaan sarana prasarana program dibuat oleh pihak sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah dan yayasan melalui serangkaian tahapan yaitu rapat koordinasi sekolah, penetapan program sekolah, serta penetapan kebutuhan sarana prasarana program. Selanjutnya, perencanaan sarana dan prasarana rumah tangga dibuat oleh Kepala Sekolah Sd Azzahra melalui tahapan pelaporan kebutuhan, pengolahan data laporan, serta penetapan kebutuhan sarana prasarana rumah tangga. (2) Pengadaan sarana prasarana pendidikan terbagi menjadi pengadaan sarana prasarana program, dan pengadaan sarana prasarana rumah tangga. Pengadaan sarana prasarana baik program maupun rumah tangga dilakukan oleh sekolah sendiri atas dasar keputusan kepala sekolah dengan menggunakan anggaran yang berasal dari dana pembangunan siswa ( biaya administrasi sekolah). (3) Penyimpanan sarana dan prasarana pendidikan dilakukan di dalam tempat penyimpanan khusus. Dimana tempat penyimpanan untuk setiap barang di lakukan terpisah. Dilakukan oleh divisi umum dengan diawasi waka manajemen mutu. (4) Pemeliharaan sarana prasarana pendidikan dilakukan dengan pemeliharaan prasarana sekolah, dan pemeliharaan sarana sekolah. Pemeliharaan prasarana sekolah menjadi tanggung jawab divisi umum dari yayasan yang diawasi oleh waka manajemen mutu dengan upaya pemeriksaan kondisi sarana dan prasarana secara berkala setiap satu tahun sekali untuk mencegah kerusakan. Kata kunci: manajemen, sarana dan prasarana pendidikan, SD Islam Az Zahra Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 15 Nov 2017 04:34
Last Modified: 02 Oct 2018 03:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2178

Actions (login required)

View Item View Item