ANALISIS KETERLIBATAN FAKTOR DEMOGRAFIS DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH BANK SYARIAH DI KABUPATEN PRINGSEWU

Chintya, Putrianum (2022) ANALISIS KETERLIBATAN FAKTOR DEMOGRAFIS DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH BANK SYARIAH DI KABUPATEN PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of CHINTYA FULL SKRIPSI FIX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis keterlibatan faktor demografis yang terdiri dari usia, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, dan faktor psikologis yang terdiri dari motivasi, persepsi, pembelajaran, sikap dan keyakinan terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah di Kabupaten Pringsewu. Pada penelitian ini masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Pringsewu tentu memiliki mata pencaharian, kebiasaan, pola pikir serta selera yang berbeda dengan daerah lain. Selain itu, keputusan konsumen atau nasabah dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor demografi dan psikologis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden yaitu nasabah bank syariah dan tempat penelitian dilakukan di Kabupaten Pringsewu. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada nasabah bank syariah. Kemudian data-data yang telah terkumpul diolah di SPSS 25 untuk kemudian disertakan deskripsi dan analisis. Hasil penelitian kali ini menunjukkan bahwa variabel faktor demografi dan psikologis berpengaruh simultan terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah di Kabupaten Pringsewu. Sedangkan berdasarkan uji parsial variabel faktor demografi usia, faktor demografi pekerjaan, faktor psikologis persepsi, dan faktor psikologis sikap dan keyakinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah di Kabupaten Pringsewu. Faktor demogarfi pendidikan tidak berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah di Kabupaten Pringsewu. Faktor demografi pendapatan, faktor psikologi motivasi, dan faktor psikologis pembelajaran tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah di Kabupaten Pringsewu. Kata kunci: Faktor Demografis, Psikologis, Nasabah. iv ABSTRACT This study was conducted to analyze the involvement of demographic factors consisting of age, education, occupation, income, and psychological factors consisting of motivation, perception, learning, attitudes and beliefs towards the decision to become a customer of a sharia bank in Pringsewu Regency. In this study, people who live in Pringsewu Regency certainly have different livelihoods, habits, mindsets and tastes from other regions. In addition, consumer or customer decisions are influenced by several factors, namely demographic and psychological factors. This research is a quantitative research using primary data. The number of samples in this study were 100 respondents, namely customers of Islamic banks and the place of research was carried out in Pringsewu Regency. Data was collected by distributing questionnaires to Islamic bank customers. Then the data that has been collected is processed in SPSS 25 to then include a description and analysis. The results of this study indicate that demographic and psychological factors have a simultaneous effect on the decision to become a customer of a sharia bank in Pringsewu Regency. Meanwhile, based on the partial test, the demographic factors of age, occupational demographic factors, psychological factors of perception, and psychological factors of attitudes and beliefs have a positive and significant effect on the decision to become a customer of Islamic banks in Pringsewu Regency. Educational demographic factors have no significant and significant effect on the decision to become a customer of a sharia bank in Pringsewu Regency. Income demographic factors, motivational psychological factors, and learning psychological factors have no and no significant effect on the decision to become a sharia bank customer in Pringsewu Regency. Keywords: Demographic Factors, Psychological, Customers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:29
Last Modified: 23 Nov 2022 02:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21775

Actions (login required)

View Item View Item