EFEKTIVITAS MEDIA SMART MONOPOLY DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG

DWI, SABTILAS NURITA LANASARI (2022) EFEKTIVITAS MEDIA SMART MONOPOLY DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of DWI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS MEDIA SMART MONOPOLY DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG OLEH Dwi Sabtilas Nurita Lanasari Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media smart monopoly untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan juga bertujuan untuk menguji kelayakan media yang dikembangkan melalui Ahli media, Ahli materi, Reviewer, dan respon peserta didik terhadap media smart monopoly yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D/Research and Development, dengan model pengembangan menurut Borg and Gall. Tujuh langkah utama dalam pengembangan yaitu: (1) Pengumpulan Informasi Awal. (2) Perencanaan. (3) Pengembangan Produk Awal. (4) Uji Coba Awal. (5) Revisi Produk. (6) Uji Coba Lapangan. (7) Revisi Produk. Hasil penelitian yang didapat bahwa media tersebut layak dan dapat digunakan sebagai media meningkatkan motivasi belajar. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penilaian ahli media menilai Sangat Baik (87,27%), ahli materi 1 dan 2 menilai Sangat Baik (93,87%), dan reviever 1 dan 2 menilai Sangat Baik (85,4%). Dan melalui uji lapangan memperoleh hasil Sangat Setuju (97,44%). Berdasarkan hasil perolehan data menunjukan bahwa media layak digunakan sebagai media untuk meningkatkan motivasi belajar. Kata Kunci :Motivasi Belajar, Smart Monopoly, R&D. iv ABSTRACT THE EFFECTIVENESS OF MEDIA SMART MONOPOLY WITH GROUP GUIDANCE TO INCREASE LEARNING MOTIVATION IN STUDENTS OF SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG BY Dwi Sabtilas Nurita Lanasari The background of this study aims to develop media smart monopoly to increase students' learning motivation and also aims to test the feasibility of the media developed through media experts, material experts, reviewers, and student responses to the developed media smart monopoly. The type of research used in this research is R&D/Research and Development, with a development model according to Borg and Gall. The seven main steps in the development are: (1) Initial Information Gathering. (2) Planning. (3) Initial Product Development. (4) Initial Trial. (5) Product Revision. (6) Field Trial. (7) Product Revision. The results obtained that the media is feasible and can be used as a medium to increase learning motivation. This can be seen from the results of the assessment of media experts who rated Very Good (87.27%), material experts 1 and 2 rated Very Good (93.87%), and reviewers 1 and 2 rated Very Good (85.4%). And through the field test obtained the results Strongly Agree (97.44%). Based on the results of data acquisition shows that the media is feasible to be used as a medium to increase learning motivation. Keywords: Learning Motivation, Smart Monopoly, R&D

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Nov 2022 06:57
Last Modified: 22 Nov 2022 06:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21773

Actions (login required)

View Item View Item