TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PENENTUAN HARGA DALAM JUAL BELI SPAREPART BEKAS (Studi Pada Toko Pak Arnol Pasar Loak Jl. Ikan Sepat Teluk Betung Selatan)

SITI, NURFADILA (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PENENTUAN HARGA DALAM JUAL BELI SPAREPART BEKAS (Studi Pada Toko Pak Arnol Pasar Loak Jl. Ikan Sepat Teluk Betung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Menurut hukum Islam penentuan harga haruslah adil, sebab keadilan merupakan salah satu prinsip dasar dalam semua transaksi yang Islami. Bahkan, keadilan sering kali dipandang sebagai inti sari dari ajaran Islam dan dinilai Allah sebagai perbuatan yang lebih dekat dengan ketakwaan. Menurut hukum positif penentuan harga terdapat dalam Undang-Undang No.5 Tahun 1999 melarang adanya penentuan harga yang dilakukan oleh para pelaku usaha di Indonesia. Penentuan harga pada Toko Pak Arnol dipasar loak ini menentukan harga dengan melihat barang yang ingin dibeli dan menentukan harga sendiri atau suka-suka, dan adanya biaya ongkos jika pemesanan nya melalui media sosial. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penentuan Harga Dalam Jual Beli Sparepart Bekas di Toko Pak Arnol Pasar Loak Jl. Ikan Sepat Teluk Betung Selatan dan Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Dan Hukum Positif Terhadap Penentuan Harga Dalam Jual Beli Sparepart Bekas di Toko Pak Arnol Pasar Loak Jl. Ikan Sepat Teluk Betung Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penentuan Harga Dalam Jual Beli Sparepart Bekas di Toko Pak Arnold Pasar Loak Jl. Ikan Sepat Teluk Betung Selatan dan untuk mengetahui Tinjauan Hukum Islam Dan Hukum Positif Terhadap Penentuan Harga Dalam Jual Beli Sparepart Bekas di Toko Pak Arnol Pasar Loak Jl. Ikan Sepat Teluk Betung Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang di lakukan penulis untuk penelitian Pada Toko Sparepart Bekas di Toko Pak Arnol Pasar Loak Jl. Ikan Sepat Teluk Betung Selatan. Penulis menggunakan metode penelitian dalam kajian menggunakan metode deskriptif analisis serta teknik pengumpulan data menggunakan field research. Berdasarkan hasil penelitian, penentuan harga sparepart bekas di Toko Pak Arnol Pasar Loak Jl.Ikan Sepat Teluk Betung Selatan, tidak menggunakan metode Value Based Pricing tetapi menentukan harga jual ini produsen atau penjual memutuskan harga berdasarkan sendiri atau suka-suka, dan biaya ongkos jika pemesanan nya melalui media sosial. Penentuan harga sparepart bekas pada Toko Pak Arnol memberikan harga barang ada yang mendekati harga barang baru dan ada juga lebih rendah dari harga barang baru. Ada konsumen atau pembeli yang merasa dirugikan karna harga yang di berikan sama hal nya membeli barang sparepart baru. Penentuan harga sparepart bekas menurut hukum Islam dibolehkan selama harga tidak menimbulkan iii unsur kedzaliman, tidak ada penipuan, adanya akad dan tidak ada unsur pemaksaan. Tetapi, penentuan harga pada Toko Pak Arnol tidak sesuai karena harga yang diberikan berlipat keuntungan dan harga yang diberikan pada Toko Pak Arnol terdapat harga yang mendekati sparepart baru. Tetapi dalam hukum positif sah-sah saja dalam menentukan harga yang besar karena tujuan nya untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Kata Kunci: Penentuan Harga, Jual Beli, Sparepart Bekas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Nov 2022 06:38
Last Modified: 22 Nov 2022 06:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21771

Actions (login required)

View Item View Item