BIMBINGAN KELOMPOK DALAM PERKEMBANGAN KECERDASAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI UPTD PELAYANAN DAN REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS (PRSPD) KEMILING BANDAR LAMPUN

Selvia, Zulfa Khairunnisa (2022) BIMBINGAN KELOMPOK DALAM PERKEMBANGAN KECERDASAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI UPTD PELAYANAN DAN REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS (PRSPD) KEMILING BANDAR LAMPUN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL Selvia Zulfa Khairunnisa.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penyandang tuna netra memiliki permasalahan terhadap penglihatannya, oleh karena itu masyarakat sekitar berpandang bahwa penyandang tuna netra tidak mampu melakukan hal-hal yang berkaitan dengan kecerdasan spiritual dan berkaitan pula dengan dunia pekerjaan karena minimnya lapangan pekerjaan untuk penyandang tuna netra. Maka dari itu UPTD Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Bandar Lampung melakukan upaya untuk membantu penyandang tuna netra dalam hal menumbuhkan kecerdasan spiritual mereka dengan melakukan program layanan bimbingan kelompok serta memotivasi mereka dalam mengembangkan kecerdasan spiritual. Untuk itu peneliti akan meneliti tentang bagaimana proses tahapan bimbingan kelompok dalam perkembangan kecerdasan pada anak berkebutuhan khusus. Jenis penelitian ini yaitu field research (Penelitian Lapangan), dengan sifat penelitian deksriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu berjumlah 8 orang, yang terdiri dari 4 orang penyandang tuna netra, 1 orang pengurus penyandang tuna netra, 1 orang pembimbing, 1 orang pekerja sosial (peksos), dan 1 orang kasubbag tata usaha. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan beberapa langkah yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh pembimbing telah dilakukan dengan tahapan bimbingan kelompok yaitu : pertama, tahap pembentukan yaitu mencakup mengindentifikasi topik yang akan dibahas dalam layanan bimbingan kelompok, membentuk kelompok dengan anggota kelompok, menyusun jadwal kegiatan, menetapkan prosedur layanan, menetapkan fasilitas layanan dan menyiapkan kelengkapan administrasi, kedua, tahap peralihan yaitu upaya menjelaskan kegiatan yang akan ditempuh pada tahap berikutnya yaitu sudah mulai nampak partisipasi oleh anggota, tahap ini sudah mulai membawa penyandang tuna netra masuk kedalam materi yang diberikan oleh pembimbing serta menyelipkan beberapa pertanyaan untuk menyadarkan serta mengembangkan kecerdasan spiritual anggota, ketiga, tahap kegiatan yaitu pembimbing mempertajam topik yang akan dibaha kemudian mulai mengemukakan topik bahasan, keempat, tahap penyimpulan yaitu dimana pemimpin kelompok atau pembimbing menyimpulkan materi yang telah disampaikan, dan yang kelima tahap pengakhiran yaitu pemimpin kelompok atau pembimbing memberikan informasi bahwa kegiatan akan diakhiri. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penyandang tuna netra yang ada di UPTD Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Bandar Lampung memiliki perubahan yang terjadi dalam perkembangan kecerdasan spiritual mereka, baik itu dari pola fikir baru, atau tingkah lakunya setelah melakukan bimbingan kelompok dalam perkembangan kecerdasan spiritual. Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Perkembangan Kecerdasan iv ABSTRACT Blind people have problems with their eyesight, therefore the surrounding community believes that blind people are unable to do things related to spiritual intelligence and are also related to the world of work because of the lack of employment opportunities for people with visual impairments. neutral. Therefore, the UPTD for Social Services and Rehabilitation of Persons with Disabilities in Bandar Lampung makes efforts to help blind people in terms of growing their spiritual intelligence by conducting group guidance services programs and motivating them to develop spiritual intelligence. For this reason, researchers will examine how the process of group guidance stages in the development of intelligence in children with special needs. This type of research is filed research (Field Research), with the nature of qualitative descriptive research. The data sources in this study were 8 people, consisting of 4 people with visual impairments, 1 administrator with visual impairments, 1 supervisor, 1 social worker (social worker), and 1 head of the administrative subdivision. Data collection techniques use are interviews, observation, and documentation. Data analysis technique in this study used several steps, namely data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that the efforts made by the supervisor have been carried out with the stages of group guidance, namely the first, the formation stage which includes identifying the topics to be discussed in group guidance services, forming groups with group members, arranging activity schedules, establishing service procedures, establishing service facilities. and preparing administrative completeness, secondly, the transitional stage is an effort to explain the activities that will be taken at the next stage, namely participation by members has begun, this stage has begun to bring blind people into the material provided by the supervisor and inserts several questions to awaken and develop spiritual intelligence of members, third, the activity stage, namely the supervisor sharpens the topic to be discussed then begins to bring up the topic of discussion. fourth, the inference stage is where the group leader or supervisor concludes the material that has been discussed. delivered, and the fifth stage of termination, namely the group leader or supervisor providing information that the activity will be terminated. Based on the results of this study, it can be concluded that the blind people in the UPTD Social Services and Rehabilitation of Persons with Disabilities Bandar Lampung have changes that occur in the development of their spiritual intelligence, be it from a new mindset, or behavior after doing group guidance in the development of spiritual intelligence. Keywords: Group Guidance Services, Intelligence Development.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Nov 2022 04:25
Last Modified: 22 Nov 2022 04:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21770

Actions (login required)

View Item View Item