BEHAVIORAL THERAPY (REBT) UNTUK MENGURANGI PERILAKU TIDAK DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SMA AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

SANTINA, SARI (2022) BEHAVIORAL THERAPY (REBT) UNTUK MENGURANGI PERILAKU TIDAK DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SMA AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI SANTINA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kedisiplinan menjadi sorotan penting baik dalam dunia pendidikan maupun kehidupan dalam bermasyarakat yang mengharuskan orang untuk patuh pada aturan yang telah di tetapkan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perubahan perilaku tidak disiplin peserta didik di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung dengan menggunakan Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) adalah pendekatan behavior kognitif yang melakukan keterkaitan antara perasaan, tingkah laku, dan pikiran. Tujuan utama dari pendekatan Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) berfokus pada membantu orang untuk menyadari bahwa mereka dapat hidup lebih rasional dan produktif.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT)dapat mengurangi perilaku tidak disiplin peserta didik di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Single Subject Research (SSR)dengan Desain A-B-A.Subjek dalam penelitian ini adalah seorang peserta didik di kelas XI IPS1 SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung sebagai peserta didik yang dalam katagori berperilaku kurang disiplin tinggi.Metode pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara.Instrument penelitian ini adalah panduan obervasi digunakan pada fase baseline-1, intervensi dan fase baseline-2. Analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi,sajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil menunjukkan adanya perubahan dengan penurunan perilaku tidak disiplin yang di tunjukkan KN. Fase baseline-1 terlihat perilaku tidak disiplin meningkat. Pada fase intervensi dan diberi perlakuan berupa konseling Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) menunjukkan hasil penurunan pada perilaku tidak disiplin pada KN. Kemudian fase baseline-2 tanpa diberikan intervensi menunjukkan hasil yang semakin membaik. Dengan persentase overlape sebesar 1%. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dinyatakan bahwa perilaku tidak disiplin pada peserta didik di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung menurun dengan menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT). Kata kunci : Konseling Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT), Tidak Disiplin iii ABSTRACT Discipline is an important spotlight both in the world of education and life in society that requires people to obey the rules that have been set. The purpose of this study was conducted to determine changes in undisciplined behavior of students in SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung by using Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) is a cognitive behavioral approach that performs the relationship between feelings, behavior, and thoughts. The main objective of The Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) approach focuses on helping people to realize that they can live more rationally and productively. This study aims to determine the effect of counseling Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) can reduce undisciplined behavior of students in SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung. The type of research used is Single Subject Research (SSR) with A-B-A Design. The subject in this study is a student in Class XI IPS1 SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung as students who are in the category of behaving less disciplined. Data collection methods used in this study are observation, documentation, and interviews. This research Instrument is an observation guide used in the baseline Phase-1, intervention and baseline Phase-2. Data analysis using analysis in conditions and analysis between conditions,present in the form of tables and graphs. The results showed a change with a decrease in undisciplined behavior shown by KN. Baseline Phase-1 saw undisciplined behavior increase. In the intervention phase and given treatment in the form of counseling Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) showed a decrease in undisciplined behavior in KN. Then the baseline-2 phase without intervention showed improved results. With an overlape percentage of 1%. Based on this, it can be stated that undisciplined behavior in students at SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung decreased by using the Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) approach. Keywords: Counseling, Rational Emotional Behavior Therapy (REBT), undisciplined

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:44
Last Modified: 22 Nov 2022 03:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21763

Actions (login required)

View Item View Item