PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA ANAK USIA DINI DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN SOSIAL ANAK DI PAUD NURUL ILMI TEGINENENG PESAWARAN

FEROSA, INDAH CAHYANTi (2022) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA ANAK USIA DINI DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN SOSIAL ANAK DI PAUD NURUL ILMI TEGINENENG PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FEROSA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Keterampilan Sosial (social Skill ) merupakan keterampilan membina hubungan dengan orang lain artinya kemahiran dalam menggunggah tanggapan yang dikehendaki oleh orang lain. Unsur dalam keterampilan sosial meliputi: Pengaruh, komunikasi, koloborasi dan kerjasama, serta empati. Keterampilan sosial anak akan mampu menggungkapkan perasaan baik positif maupun negatif dalam hubungan interpersonal, tanpa harus melukai orang lain. Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum berkembangnya ketrampilan social yang dimiliki peserta didik, adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari layanan bimbingan kelompok pada anak usia dini dengan teknik role playing dalam meningkatkan ketrampilan social anak di PAUD Nurul Ilmi Tegineneng Pesawaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan true eksperimen design. Sampel dalam penlitian ini berjumlah 17 peserta didik, dan terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen berjumlah 10 peserta didik dan kelompok control berjumlah 7 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan ini yaitu menggunakan angket ketrampilan social, observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai pendukung. Pada kelompok eksperimen peneliti memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing, sedangkan pada kelompok control peneliti mengguankan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat peningkatan ketrampilan social setelah dilaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dengan hasil uji wilxocon menyatakan bahwa nilai sig lebih <0,05 maka ha diterima, diketahui bahwa sig kelas ekperimen memiliki sig 005 sehingga hipotesis diterima, maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada anak usia dini berpengaruh dalam meningkatkan ketrampilan social anak di PAUD Nurul Ilmi Tegineneng Pesawaran. iv Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijelaskan maka peneliti merekomendasikan kepada khususnya peserta didik, agar dapat berantusias dan selalu semangat dalam belajar dan mengembangkan minat dan bakat secara kreatif, bagi guru diharapkan kedepannya agar dapat selalu memanfaatkan teknik teknik baru yang sesuai dengan kurikulum pembelajaran, dan bagi peneliti diharapkan agar dapat melakukan penelitian yang lebih luas dan komprehensif mengenai teknik role playing khusunya dalam meningkatkan ketrampilan social. Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing, Ketrampilan Sosial v ABSTRACT Social Skills (social skills) were skills in building relationships with other people, meaning proficiency in uploading responses desired by others. Elements in social skills include: influence, communication, collaboration and cooperation, and empathy. Children's social skills will be able to express both positive and negative feelings in interpersonal relationships, without having to hurt others. This research was motivated by the undeveloped social skills of students, as for the purpose of this study to determine the effect of group guidance services in early childhood with role playing techniques in improving children's social skills in PAUD Nurul Ilmi Tegineneng Pesawaran. The research method used in this research was quantitative method with the type of research used is true experimental design. The sample in this study amounted to 17 students, and was divided into two groups, namely the experimental group with 10 students and the control group with 7 students. The data collection technique used in this paper was using social skills questionnaires, observations, interviews, and documentation as support. In the experimental group, the researchers provided group guidance services with role playing techniques, while in the control group the researchers used group guidance services with discussion techniques. Based on the results of the study, it was known that there was an increase in social skills after implementing group guidance services with role playing techniques with the Wilxocon test results stating that the value of sig was more than 0.05 then ha is accepted, it is known that the sig of the experimental class has sig 005 so that the hypothesis was accepted, it can be concluded that Group guidance services with role playing techniques in early childhood have an effect on improving children's social skills at PAUD Nurul Ilmi Tegineneng Pesawaran. Based on the results of the research that has been explained, the researcher recommends to especially students, in order to be vi enthusiastic and always enthusiastic in learning and develop interests and talents creatively, for teachers it was hoped that in the future they can always take advantage of new engineering techniques that are in accordance with the learning curriculum, and for researchers are expected to be able to conduct wider and comprehensive research on role playing techniques, especially in increasing Keywords: Group Guidance Services, Role Playing Techniques, Social Skills

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:45
Last Modified: 22 Nov 2022 02:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21760

Actions (login required)

View Item View Item