PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DI MTs HIDAYATUL ISLAMIYAH BANDAR LAMPUNG

RAIHAN, JIM AMELIA (2022) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DI MTs HIDAYATUL ISLAMIYAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RAIHAN JIM AMELIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Peran kepala madrasah sebagai supervisor menjadi penentu kualitas dari seorang guru untuk menstimulasi, mengkoordinasi, dan membimbing secara berkelanjutan. Pertumbuhan dan perkembangan potensi yang guru miliki di Madrasah baik secara individual maupun secara kelompok sangat berperan penting dalam mewujudkan seluruh fungsi pengajaran serta mampu mengembangkan proses pendidikan yang lebih baik. Kepala Madrasah MTs Hidayatul Islamiyah Bandar Lampung dituntut untuk memahami peran sebagai seorang supervisor untuk membina dan memperbaiki proses belajar mengajar guru. Dilihat dari peran kepala madrasah sebagai supervisor, masih terdapat peran kepala madrasah yang belum optimal yaitu pada bagian kunjungan kelas yang masih perlu di tingkatkan lagi, kemudian terdapat cara mengajar guru yang belum efektif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor di MTs Hidayatul Islamiyah Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yakni sumber data yang dikumpulkan langsung dari informan yaitu kepala madrasah dan guru yang menjadi obejek penelitian. Sumber data sekunder yakni sumber data yang diperoleh secara tidak langsung seperti, catatan, laporan dan arsip. Teknik analisis data terdiri dari, reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan penulis tentang peran kepala madrasah sebagai supervisor di MTs Hidayatul Islamiyah Bandar Lampung yaitu Kepala Madrasah mampu melaksanakan perannya sebagai supervisor. Kepala madrasah mengimplementasikan perannya kepada tenaga pendidik dengan melakukan kunjungan kelas untuk peningkatan efektivitas pembelajaran, observasi bagi guru yang dilakukan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi oleh guru dalam proses belajar mengajar, menentukan metode dan teknik belajar mengajar dengan mengadakan rapat dan bimbingan, mempertinggi mutu dan pengetahuan guru dengan melakukan pelatihan, evaluasi, KKGM (kelompok kerja guru madrasah) bagi guru. Kata Kunci: Kepala Madrasah, Peran, Supervisor iii ABSTRACT The role of the head of the madrasah as a supervisor determines the quality of a teacher to stimulate, coordinate, and guide on an ongoing basis. The growth and development of the potential that teachers have in Madrasah both individually and in groups plays an important role in realizing all teaching functions and being able to develop a better educational process. The head of Madrasah MTs Hidayatul Islamiyah Bandar Lampung is required to understand the role as a supervisor to foster and improve the teaching and learning process of teachers. Judging from the role of the head of the madrasah as a supervisor, there is still the role of the head of the madrasah that is not optimal, namely in the classroom visit that still needs to be improved again, then there is a way of teaching teachers who have not been effective. The purpose of this study is to describe the role of the head of Madrasah as Supervisor in MTs Hidayatul Islamiyah Bandar Lampung. The research method used is descriptive qualitative with the type of Field Research (field research). The source of data in this study used primary data that is the source of data collected directly from informants, namely the head of madrasah and teachers who became the research object. Secondary data sources are data sources obtained indirectly such as, records, reports and archives. Data analysis techniques consist of, data reduction, data presentation, conclusion. Data collection techniques are, observation, interview and documentation. The results of the study conducted by the author about the role of the head of madrasah as a supervisor at MTs Hidayatul Islamiyah Bandar Lampung, the head of Madrasah is able to carry out its role as a supervisor. The head of the madrasah implements its role to educators by conducting Class visits to increase the effectiveness of learning, observation for teachers conducted to determine the obstacles faced by teachers in the teaching and learning process, determining teaching and learning methods and techniques by holding meetings and guidance, enhancing the quality and knowledge of teachers by conducting training, evaluation, KKGM (working group of madrasah teachers) for teachers. Keywords: Head of Madrasah, Role, Supervisor

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:11
Last Modified: 21 Nov 2022 04:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21749

Actions (login required)

View Item View Item