PENGARUH E-COMMERCE DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJADENGAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Bandar Lampung)

Marendra, Eriady (2022) PENGARUH E-COMMERCE DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJADENGAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Bandar Lampung). Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of TESIS Marendra.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH E-COMMERCE DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA DENGAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Bandar Lampung) Oleh Marendra Dalam upaya peningkatan Kinerjadengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi ini diperlukan oleh pelaku UMKM lokal untuk menghadapi persaingan usaha yang makin ketat. Sebab, pelaku UMKM dapat memanfaatkan teknologi seluas-luasnya untuk mengembangkan usahanya sehingga mereka bisa cepat maju dan siap secara global. Salah satunya, yaitu melalui E-commerce dan Sistem Informasi Akutansi. Orientasi kewirausahaan dapat dianggap sebagai pelengkap penting pengambilan keputusan untuk menggunakan teknologi seperti e-commerce dan system informasi akutansi karena suatu usaha memerlukan integrasi dan implementasi pada orientasi ini agar dapat mencapai tingkat yang lebih tinggi dari pendapatan usaha dan inovasi untuk pencapaian pada kinerja perusahaan. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan penelitian ini untuk menemukan 2 hal yaitu Seberapa besar pengaruh E-commerce terhadap Kinerja UMKM dengan orientasi kewirausahaan sebagai variabel moderating perspektif Ekonomi Islam?, Seberapa besar pengaruh Sistem Informasi Akutansi terhadap kinerja UMKM dengan orientasi kewirausahaan sebagai variabel moderating perspektif Ekonomi Islam?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari hasil jawaban angket yang akan peneliti distribusikan pada pelaku UMKM di Bandar Lampung. Sampel yang digunakan memakai purposive sampling dengan hasil sampel yang digunakan 100 pelaku UMKM di kota Bandar Lampung. iii Hasil penelitian ini menemukan bahwa Orientasi Kewirausahaan sebagai variabel moderatting dapat memperkuat pengaruh E-commerce terhadap Kinerja UMKM hasil menunjukan secara Uji MRA(Moderated Regression Analysis) sebesar 0,018. Dan Orientasi Kewirausahaan dapat memperkuat hubungan antara Sistem Informasi Akutansi Terhadap Kinerja UMKM dengan hasil menunjukan secara Uji MRA(Moderated Regression Analysis) sebesar 0,009. Artinya UMKM di Kota Bandar Lampung dapat menggunakan Orientasi Kewirausahaan sebagai penguat untuk meningkatkan E�commerce dan Sistem Informasi Akutansi pada pelaku UMKM di Bandar Lampung sehingga menghasilkan Kinerja yang lebih baik lagi. Kata Kunci : E-commerce, Sistem Informasi Akutansi, Kinerja UMKM, Orientasi Kewirausahaan, Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Nov 2022 03:34
Last Modified: 18 Nov 2022 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21741

Actions (login required)

View Item View Item