IMPLEMENTASI PEMBIAYAAN BSI KUR DALAM PENGEMBANGAN UMKM DI LAMPUNG TENGAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KC Bandar Jaya)

Shinta, Dellyana Saputri (2022) IMPLEMENTASI PEMBIAYAAN BSI KUR DALAM PENGEMBANGAN UMKM DI LAMPUNG TENGAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KC Bandar Jaya). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SHINTA DELLYANA SAPUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi COVID-19 yang sangat berdampak kepada UMKM, dimana permasalahan permodalan ini berlaku untuk semua kalangan pelaku UMKM yang ada saat ini, keterbatasan modal yang dialami UMKM berimbas pada kegiatan operasi dan menjadi permasalahan yang serius dan dapat membatasi potensi perluasan usaha dan kurang adanya inovasi dalam usaha. Dengan adanya produk pembiayaan BSI KUR yang disalurkan Bank Syariah Indonesia KC Bandar Jaya diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM dalam mengatasi permodalan. Modal tersebut bisa digunakan untuk pengembangan usahanya, dengan berkembangnya usaha yang dijalankan tersebut akan mempengaruhi pendapatan yang diperoleh di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data pada penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini Menurut Gorge R. Edward III yang menunjuk empat variabel yang berperan penting dalam pencapaian keberhasilan implementasi suatu kebijakan, yaitu: komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi dalam Implementasi pembiayaan BSI KUR di BSI KC Bandar Jaya pada masa pandemi COVID-19 berjalan dengan baik serta dilaksanakan secara tepat sasaran yaitu untuk kelompok usaha yang sudah menjalankan usahanya minimal 6 bulan. Implementasi pembiayaan BSI KUR pada BSI KC Bandar Jaya dalam pengembangan UMKM di Lampung Tengah pada masa pandemi COVID-19 dengan tinjauan ekonomi isalm yaitu prinsip amanah, kejujuran, tanggung jawab dan keadilan. Kata kunci: Pembiayaan BSI KUR, UMKM, Pandemi COVID�19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Nov 2022 03:07
Last Modified: 18 Nov 2022 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21740

Actions (login required)

View Item View Item