PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP RUMUS KELILING DAN LUAS PEREGI PANJANG PADA PESERTA DIDIK DI MIT MUHAMMADIYAH SUKARAME TA 2021/2022

DWI, JUNIA LESTARI (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP RUMUS KELILING DAN LUAS PEREGI PANJANG PADA PESERTA DIDIK DI MIT MUHAMMADIYAH SUKARAME TA 2021/2022. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DWI JUNIA LESTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan cara berkelompok. Kelompok-kelompok tersebut ditentukan oleh pendidik dengan segala pertimbangan yang ada. Ada beberapa tipe pembelajaran salah satunya adalah STAD. STAD atau Student Team Achievement Division merupakan salah satu bentuk pembelajaran kooperartif yang paling tua dan paling banyak diteliti. Pembelajaran kooperatif tpe STAD ini terdiri dari lima komponen utama, yaitu; (1) tim, (2) presentasi kelas, (3) kuis, (4) skor kemajuan indivual, (5) rekognisi tim. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas, yang mana data-data yang diperlukan diperoleh dari pelaksanaan siklus. Berdasarkan pelaksanaan siklus tersebut, penulis memperoleh hasil yang menjadi tujuan penelitian ini, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep terhadap rumus keliling dan luas persegi panjang pada siswa kelas IV di MIT Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Hasil penelitian ini membuktikan adanya peningkatan pemahaman konsep peserta didik terhadap rumus keliling dan luas persegi panjang. Hasil tersebut dapat dilihat dari siklus yang sudah dilaksanakan. Kata Kunci ; Pembelajaran Kooperatif, STAD Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Nov 2022 08:10
Last Modified: 17 Nov 2022 08:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21739

Actions (login required)

View Item View Item