STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH PADA MASYARAKAT MULTIKULTURAL DI DESA GEDUNG HARAPAN KABUPATEN TULANG BAWANG

Firda, Putri Pradita (2022) STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH PADA MASYARAKAT MULTIKULTURAL DI DESA GEDUNG HARAPAN KABUPATEN TULANG BAWANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi full firda putri pradita.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi komuniaksi dakwah dapat diartikan sebagai suatu metode, siasat, taktik, atau cara yang digunakan dalam melakukan aktivitas dakwah yakni untuk memanggil, menyeru dan mengajak umat manusia dengan cara yang bijaksana dan jalan yang benar sesuai perintah Allah Swt. Yang dimaksud dalam skripsi ini adalah strategi komunikasi dakwah yang digunakan oleh da'i dalam menyampaikan pesan dakwahnya pada masyarakat di Desa Gedung Harapan, di mana masyarakat Desa ini memiliki latar belakang budaya dan status sosial yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi dakwah yang digunakan da’i dalam berdakwah pada masyarakat multikultural di Desa Gedung Harapan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dan sifat penelitian ini adalah deskriptif. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Data primer diperoleh 7 orang diantaranya 2 orang da’i dan 5 orang masyarakat yang menjadi mad’u dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan data sekunder berupa teori�teori serta data penunjang lainnya yang diperoleh dari kepustakaan, dokumentasi desa. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian mennjukkan bahwa strategi komuniaksi dakwah yang digunakan da'i Desa Gedung Harapan dalam menyampaikan dakwahnya adalah menggunakan cara (1) persuasive, mempengaruhi khalayak dengan cara membujuk, menggugah pikiran dan perasaan khalayak agar dapat menerima pesan (2) informative, pesan yang disampaikan berisi informasi yang benar berdasarkan fakta (3) educative, memberikan ide atau pengetahuan kepada khalayak tentang apa yang sesungguhnya diatas kebenaran. Ketiga strategi itu dilakukan secara bersamaan dengan melakukan sambang, salam dan menuntun masyarakat kearah yang lebih baik. Kata kunci: Strategi Komunikasi Dakwah, Masyarakat Multikultural

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:27
Last Modified: 17 Nov 2022 04:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21735

Actions (login required)

View Item View Item