ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS E-COMMERCE PADA MARKERPLACE SHOPEE DALAM TRANSAKSI JUAL BELI MENURUT PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

Khanifa, Indah Pratiwi (2022) ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS E-COMMERCE PADA MARKERPLACE SHOPEE DALAM TRANSAKSI JUAL BELI MENURUT PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL Khanifa Indah Pratiwi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan zaman yang ditandai dengan perkembangan ekonomi yang semakin pesat sehingga menimbulkan persaingan bisnis yang semakin tinggi. Markerplace Shopee adalah wadah belanja online yang lebih fokus pada kemudahan pengguna, serta praktis dengan mengintegrasikan platform sosial. Namun mudahnya dalam bertransaksi secara online juga dapat menimbulkan banyak resiko dan kerugian yang akan ditanggung baik dari pihak pelaku usaha maupun pembeli. Menurut pengamatan yang penulis lakukan pada Markerplace shopee bahwa pelaku usaha dan pembeli sudah menerapkan etika dengan baik. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitataif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Sampel dalam penelitian ini 50 pedagang dan 50 pembeli sehingga jumlah keseluruhan sampel 100 partisipan. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan pengambilan sampel secara acak (stratified random sampling). Berdasarkan hasil kuesioner yang diperoleh dari pelaku usaha dan pembeli pada Markerplace Shopee apabila dilihat dari ke-empat indikator etika bisnis yaitu indikator etika bisnis menurut ekonomi, menurut ajaran agama, menurut masing-masing individu, dan menurut peraturan khusus yang berlaku yang telah dijadikan tolak ukur penerapan etika bisnis sudah diterakpan. Lalu dari hasil kuesioner dan wawancara dapat disimpulkan bahwa baik pelaku usaha maupun pembeli telah menerapkan etika bisnis menurut perspektif islam, dan sudah menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis islam yang menjadi dasar adalah sifat-sifat Rosulullah SAW yang terdiri dari siddiq, amanah, tabligh, fathonah. Kata Kunci: Etika Bisnis, Markerplace Shopee, Prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:24
Last Modified: 17 Nov 2022 04:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21734

Actions (login required)

View Item View Item