ANALISIS FIQH SIYASAH TENTANG PERAN TOKOH ADAT DALAM KEHARAMONISAN PEMUDA PEMUDI (Studi Di Pekon Sumur-Jaya Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat)

Edwar, Saputra (2022) ANALISIS FIQH SIYASAH TENTANG PERAN TOKOH ADAT DALAM KEHARAMONISAN PEMUDA PEMUDI (Studi Di Pekon Sumur-Jaya Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKIRPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penomena yang terjadi di lapangan berdasarkan adanya sikap antar kelompok pemuda maupun pemudi yang kurang harmonis di Pekon Sumur Jaya kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten pesisir barat yang mana hubungan antar kelompok pemuda maupun pemudi di daerah tersebut kurang erat dalam menjalankan kegiatan Adat Lampung yang semestiya, dimana salah satu contoh yang seharusnya dilakukan pemuda maupun pemudi dalam menjalankan kegiatan adat hendaklah harus bekerjasama atau berkontribusi antar individu agar tercapainya kelancaran dalam kegiatan adat yang terlaksana kedepannya tanpa ada pembedaan dalam kepentingan kelompok atau ada kepentingan lainnya yang membuat keretakan atau kerenggangan antar sesama. Agar tercipta pula kedamaian yang berujung dalam kesejahteraan. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu : Apa peran Tokoh Adat dalam menciptakan keharmonisan antar pemuda dan pemudi di Pekon Sumur Jaya Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat. Bagaimana Analisis Siyasah peran tokoh adat dalam menciptakan keharmonisan pemuda dan pemudi di Pekon Sumur Jaya Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan dalam penelitian ini maka penulis berkesimpulan Peran Tokoh Adat dalam menciptakan keharmonisan antar pemuda dan pemudi di Pekon Sumur Jaya Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat. Peran tokoh Adat dalam pemekaran desa memiliki peranan yang sangat strategis, penting, dan sangat menentukan dalam setiap kegiatan, sebagai motivator, dinamisator, yang mampu memberikan dorongan moral, nasihat, saran pendapat dan masukan yang objektif dalam setiap melakukan pembinaan sehingga warga Adat mendapatkan pencerahan agar ikut serta berpartisipasi dalam pemekaran desa di Pekon Sumur jaya. Tokoh Adat berfungsi mengayomi adat istiadat, membuat peraturan pekon, menampung dan menyalurkan aspirasi Adat, serta melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan pekon. iv Analisis Siyasah peran tokoh adat dalam menciptakan keharmonisan pemuda dan pemudi di Pekon Sumur Jaya Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat Perspektif Fiqh Siyasah tokoh Adat dikenal dengan lembaga atau lebih dikenal dengan suatu organisasi namun dalam hal ini tokoh adat adalah orang yang paling lama bertempat tinggal di daerah sumur jaya. sejauh ini tokoh Adat telah berperan dan menjalankan tugasnya dalam pemekaran desa menurut syariat Islam, dengan menyalurkan aspirasi dari Adat setempat yang dikemukakanpada waktu musyawarah desa antara pemerintahan desa, badan permusyawaratan antar pemuda pemudi , dan unsur Adat. Kata Kunci : Keharmonisan, Pemuda-pemudi, Tokoh Adat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2022 03:15
Last Modified: 16 Nov 2022 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21718

Actions (login required)

View Item View Item