TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PERAN DAN FUNGSI LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK (Studi Pada Lembaga Perlindungan Anak Kota Bandar Lampung)

WAHYU, DWI SAPUTRA (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PERAN DAN FUNGSI LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK (Studi Pada Lembaga Perlindungan Anak Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI WAHYU DWI SAPUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh cukup banyaknya kasus kekerasan anak dan pelanggaran hak-hak anak yang terjadi di kota Bandar Lampung. Kekerasan yang dilakukan berupa kekerasan fisik, kekerasan psikis, dan kekerasan seksual serta pelanggaran hak-hak anak lainya. Guna menjawab permasalahan tersebut maka dilakukanlah sebuah penelitian dengan meggunakan data kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah studi lapangan (field research) dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Menggunakan metode ini karena Penulis ingin mengeksplorasi Implementasi Peran dan Fungsi Lembaga Perlindungan Anak. Sumber data diperoleh dari wawancara, dokumentasi, populasi dan sampel serta kepustakaan kemudian data dianalisis dengan metode deskriptif. Dari hasil penelitian ini, bahwa Implementasi Peran dan Fungsi Lembaga Perlindungan Anak kota Bandar Lampung telah sesuai dengan tujuannya dan sesuai dengan ajaran agama Islam yaitu untuk menjaga anak serta memenuhi hak-haknya. Adapun yang dilakukan LPA kota Bandar Lampung yaitu menyadarkan semua pihak akan pentingnya pemenuhan dan perlindungan hak-hak anak, menerima pengaduan masyarakat dan memfasilitasi pelayanan dan pendampingan pelanggaran hak-hak anak, mengumpulkan data dan informasi yang berhubungan pelaksanaan perlindungan anak dan memberikan saran, masukan, pertimbangan kepada pemeritah dan lembaga terkait demi kepentingan terbaik untuk anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Nov 2022 07:11
Last Modified: 15 Nov 2022 07:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21714

Actions (login required)

View Item View Item