PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL PADA MATERI IPS SEKOLAH DASAR KELAS V (Mengenal Peninggalan Sejarah Kerajaan Hindu, Budha Dan Islam)

WAHYU, EKY MULYA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL PADA MATERI IPS SEKOLAH DASAR KELAS V (Mengenal Peninggalan Sejarah Kerajaan Hindu, Budha Dan Islam). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi wahyu eky mulya.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL PADA SEKOLAH DASAR KELAS V Oleh Wahyu Eky Mulya Penelitian ini berawal dari identifikasi masalah yaitu kurangnya daya tarik peserta didik dalam mempelajari materi ilmu pengetahuan sosial tentang peninggalan sejarah kerajaan yang ada di Indonesia. Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran sejarah pada materi mengenal peninggalan sejarah dari kerajaan Hindu, Budha dan Islam dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap proses pengembangan media komik digital sebagai media pembelajaran IPS tentang mengenal peninggalan sejarah dari kerajaan Hindu, Budha dan Islam. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian pengembangan dan atau yang lebih dikenal Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode ADDIE dan dengan beberapa tahapan yaitu menganalisis, merancang desain produk, mengembangkan produk, mengimpletasikan produk yang telah di buat kemudian yang terakhir mengevaluasi produk. Kemudian, berdasarkan analisis data dari validator, diperoleh dari ahli materi mendapatkan hasil persentase 90% dengan kriteria sangat layak, ahli bahasa mendapatkan hasil dengan persentase 89% dengan kriteria sangat layak, dan hli media mendapatkan hasil dengan persentase 90% dengan kriteria sangat layak. Kemudian ujicoba skala kecil mendapatkan hasil persentase 93,3% dengan kriteria sangat layak. Ujicoba skala besar mendapatkan hasil dengan persentase 95% dengan kriteria sangat layak. Dari hasil validasi oleh para ahli dan ujicoba produk, sehingga penulis menimpulkan bahwa media pembelajaran komik digital pada sekolah dasar kelas V materi Ilmu Pengetahuan Sosial tentang Sejarah Kerajaan di Indonesia sangat layak dan sangat baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran atau media pembelajaran. Kata kunci : Daya Tarik Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Komik Digital, Sejarah Kerajaan di Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Nov 2022 03:41
Last Modified: 15 Nov 2022 03:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21708

Actions (login required)

View Item View Item