STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MTsN KABUPATEN LAMPUNG UTARA

Rahmawati, Nurdin (2022) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MTsN KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESIS 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of TESIS Rahmawati Nurdin.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di MTsN Kabupaten Lampung Utara Strategi merupakan penempatan misi suatu organisasi, penempatan sasaran organisasi dengan meningkatkan kekuatan eksternal dan internal Perumusan kebijakan dan teknik tertentu untuk mencapai sasaran dan memastikan implementasinya secara tepat sehingga tujuan dan sasaran utama dari organisasi akan tercapai. Kepemimpinan kepala Madrasah merupakan komitmen para anggota suatu profesi untuk selalu meningkatkan dan mengembangkan kompetensi mereka. Kepala madrasah harus memiliki strategi yang tepat untuk memberdayakan tenaga pendidik untuk meningkatkan kompetensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskusikan secara mendalam strategi pengembangan profesional guru di MTsN Kabupaten Lampung Utara dengan fokus pembahasan pada: 1) langkah-langkah strategi kepemimpinan Kepala Madrasah, 2) kendala yang dihadapi dalam mengembangkan kompetensi profesional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikut sertaan peneliti; teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu kepala madrasah, waka kurikulum dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi professional guru terbagi menjadi dua, yaitu secara formal dan informal. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam menjalankan suatu kegiatan tersebut diantaranya kurangnya penguasaan ilmu teknologi, kurangnya kreatifitas guru, dan kurangnya penelitian karya ilmiah yang dihasilkan oleh guru. Dengan demikian strategi yang dilakukan oleh kepala madrasah menunjukkan tanda kemajuan dalam mengembangkan kompetensi professional guru untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Kata Kunci: Strategi Kepala Madrasah, Kompetensi Profesional Guru, Mutu Pembelajaran. iv ABSTRACT The Strategy of the Head of Madrasah in Developing Teacher Professional Competence to Improve the Quality of Learning at MTsN, North Lampung Regency Strategy was the placement of an organization's mission, the placement of organizational goals by increasing external and internal strengths. Formulation of certain policies and techniques to achieve goals and ensure proper implementation so that the main goals and objectives of the organization will be achieved. The leadership of the head of Madrasah was the commitment of the members of a profession to always improve and develop their competence. Madrasah principals must have the right strategy to empower educators to improve their competencies. This study aims to examine and discuss in depth the teacher professional development strategy at MTsN North Lampung Regency with a focus on discussion on: 1) the leadership strategy steps of the Madrasah Principal, 2) the obstacles faced in developing professional competence. This study uses a descriptive qualitative approach. Data was collected by using interview, observation, and documentation techniques. Data analysis techniques include data reduction, data presentation and drawing conclusions. Checking the validity of the data was done by extending the researcher's participation; triangulation techniques using various sources, theories, and methods and persistence of observations. The research informants were the head of the madrasa, the waka of the curriculum and the teacher. The results showed that the principal's strategy in developing teacher professional competence was divided into two, namely formal and informal. While the obstacles faced in carrying out an activity include the lack of mastery of technology, lack of teacher creativity, and lack of research on scientific works produced by teachers. Thus the strategy carried out by the madrasah principal shows signs of progress in developing teacher professional competence to improve the quality of learning. Keywords: Principal Strategy, Teacher Professional Competence, Quality of Learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Nov 2022 07:59
Last Modified: 14 Nov 2022 07:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21705

Actions (login required)

View Item View Item