ANALISIS STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI INOVASI EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada UKM Mie Pangsit dan Kulit Lumpia di kelurahan Pasir Gintung Kota Bandar Lampung)

GALANG, PRAMANA PUTRA (2022) ANALISIS STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI INOVASI EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada UKM Mie Pangsit dan Kulit Lumpia di kelurahan Pasir Gintung Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI GALANG PRAMANA PUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pemberdayaan Masyarakat dalam Usaha Kecil dan Menengah menjadi suatu hal yang sangat kursial, mengingat bahwa UKM memiliki peran yang sangat penting demi pertumbuhan ekonomi suatu negara termasuk di Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis strategi pemberdayaan masyarakat melalui inovasi ekonomi kreatif dalam meningkatkan pendapatan karyawan dan pemilik usaha dan bagaimana startegi pemberdayaan masyarkat melalui inovasi ekonomi kreatif dalam meningkatkan pendapatan karyawan dan pemilik mie pangsit dan kulit lumpia dalam perspektif ekonomi islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan sifat penelitian deskriptif. Metode yang diguanakan dalam penelitian ini adalah kualitatif , dengan alat pengumpulan data sebagai berikut : interview, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa analisis strategi pemberdayaan yang digunakan UKM Mie Pangsit dan Kulit Lumpia dalam memberdayakan masyarakat melalui kinerja usaha dengan ide – ide kreatif seperti memberikan variasi pilihan pada produk mie pangsit dan kulit lumpia sehingga dapat meningkatkan pendapatan bagi pemilik dan karyawan Mie Pangsit yang dimana dalam sebulan hanya Rp. 1.400.000 naik mejadi Rp. 2.800.000. Dengan begitu pendapatan UKM Mie Pangsit meningkat rata – rata pendapatan perbulan menjadi Rp. 108.000.000 Sebelum dilakukan strategi Pemberdayaan produk Mie Pangsit UKM ini mendapatkan pendapatan perbulan rata – rata Rp. 54.000.000. Dapat dikatakan karyawan UKM Mie Pangsit mendapat penghasilan dan bisa membantu kebutuhan ekonomi sehari – hari. Untuk Pendapatan Karyawan Kulit Lumpia yang dimana dalam sebulan Rp1.500.000 naik menjadi Rp. 3.000.000. Dengan begitu pendapatan UKM Kulit Lumpia meningkat rata – rata perbulan menjadi Rp. 138.240.000 Sebelum dilakukan strategi Pemberdayaan produk Kulit Lumpia UKM ini mendapatkan perbulan rata – rata Rp. 69.120.000. Sedangkan dalam perspektif Ekonomi Islam dalam kegiatan UKM ini pemilik menggunakan prinsip – prinsip ekonomi islam dengan sikap jujur atau transparansi, bertanggung jawab dengan lingkungan dan memberikan upah atau gaji ke karyawan sebagai jaminan sosial sehingga tercipta hubungan yang harmonis antara pemilik dan karyawan. Kata Kunci : Strategi Pmberdayaan Masyarakat, Ekonomi Kreatif, Peningkatan ekonomi masyarakat, Ekonomi Islam iii ABSTRACT Community Empowerment in Small and Medium Enterprises is a very important thing, considering that SMEs have a very important role for the economic growth of a country, including Indonesia. The formulation of the problem in this study is how to analyze community empowerment strategies through creative economic innovation in increasing the income of employees and business owners and how community empowerment strategies through creative economic innovations in increasing the income of employees and owners of dumpling noodles and lumpia skin in an Islamic economic perspective. The type of research used in this research is field research with descriptive research nature. The method used in this research is qualitative, with the following data collection tools: interviews, observation and documentation. Based on the results of the research that analysis of the empowerment strategy used by SMEs Mie Pangsit and Lumpia Skin in empowering the community through business performance with creative ideas such as providing a variety of choices for the product of wonton noodles and spring roll skin so as to increase income for owners and employees of Mie Pangsit which in a month only Rp. 1,400,000 rose to Rp. 2,800,000. In this way, the income of the Mie Pangsit UKM increases the average monthly income to Rp. 108,000,000 Before the Empowerment strategy of Mie Pangsit products was carried out, these SMEs earned an average monthly income of Rp. 54,000,000. It can be said that the Mie Pangsit UKM employees earn income and can help with daily economic needs. For the income of Lumpia Skin Employees, which in a month Rp1,500,000 increased to Rp. 3,000,000. In this way, the income of Lumpia Skin SMEs increases on average per month to Rp. 138,240,000 Prior to the Empowerment strategy of Lumpia Skin products, this UKM earned an average of Rp. 69.120,000. Whereas in the perspective of Islamic Economics in this SME activity the owner uses Islamic economic principles with an honest attitude or transparency, is responsible for the environment and provides wages or salaries to employees as social security so as to create a harmonious relationship between owners and employees. Keywords: Community Empowerment Strategy, Creative Economy, Community Economic Improvement, Islamic Economy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Nov 2022 07:43
Last Modified: 14 Nov 2022 07:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21704

Actions (login required)

View Item View Item