ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MASYARAKAT PADA PRODUK HALAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Masyarakat Sebagai Konsumen Indomie)

Ulva, Nurul Alia (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MASYARAKAT PADA PRODUK HALAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Masyarakat Sebagai Konsumen Indomie). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2_Ulva Nurul Alia_1851010275.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_Ulva Nurul Alia_1851010275.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam islam umat muslim diwajibkan mengkonsumsi makanan dan minuman halal, Bagi konsumen Muslim, pentingnya untuk mengetahui suatu produk yang mereka akan dibeli dengan mengetahui kategori produk tersebut halal atau haram. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh faktor label halal terhadap keputusan pembelian ? Apakah terdapat pengaruh faktor kesadaran halal terhadap keputusan pembelian ? Apakah terdapat pengaruh faktor kualitas produk terhadap keputusan pembelian ? Apakah terdapat pengaruh faktor label halal, faktor kesadaran halal, dan faktor kualitas produk terhadap keputusan pembelian ? dan bagaimana pandangan ekonomi islam terhadap keputusan pembelian? Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisi seberapa besar pengaruh faktor label halal terhadap keputusan. Menganalisi seberapa besar pengaruh faktor kesadaran halal terhadap keputusan pembelian. Menganalisi seberapa besar pengaruh faktor kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Menganalisis seberapa besar pengaruh faktor label halal, faktor kesadaran halal, dan faktor kualitas produk mempengaruhi keputusan pembelian. Dan untuk mengetahui pandangan ekonomi islam terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan 100 responden sebagai sampel dan teknik penentuan sampel menggunakan metode teknik simple random sampling, pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian uji t Variabel label halal menunjukkan nilai (1,430 < 1.984), atau sig,<a (0,156 >0.05), berarti variabel label halal secara parsial tidak berpengaruh signifikas terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian uji t variabel kesadaran halal menunjukkan nilai (-0,339 < 1.984), atau sig,<a (0,736 > 0.05), berarti variabel kesadaran halal tidak berpengaruh terhadap keputusan. Hasil penelitian uji t variabel kualitas produk menunjukkan nilai (7,282 > 1.984), atau sig ,<a (0.000<0.05), berarti variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan. Hasil uji F menunjukkan bahwa ada pengaruh secara simultan antara label halal, kesadaran halal dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Dalam ekonomi islam di utamakan untuk mudarat dan maslahah serta harus menghindari adanya kemudaratan, sehingga konsumen muslim harus menjadikan produk halal sebagai kebutuhan yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci : Label Halal, Kesadaran Halal, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelia iii ABSTRACT In Islam, Muslims are required to consume halal food and drinks. For Muslim consumers, it is important to know a product they are going to buy by knowing the product category is halal or haram. The formulation of the problem in this study is Is there any influence of the halal label factor on purchasing decisions? Is there an influence of the halal awareness factor on purchasing decisions? Is there any influence of product quality factors on purchasing decisions? Is there any influence of halal label factors, halal awareness factors, and product quality factors on purchasing decisions? and what is the view of Islamic economics on purchasing decisions? The purpose of this study is to analyze how much influence the halal label factor has on the decision. Analyzing how much influence the halal awareness factor has on purchasing decisions. Analyzing how much influence product quality factors have on purchasing decisions. Analyzing how much influence the halal label factor, halal awareness factor, and product quality factor influence purchasing decisions. And to know the view of Islamic economics on purchasing decisions. This study was conducted using a quantitative method with 100 respondents as a sample and the technique of determining the sample using a simple random sampling technique, data collection using a questionnaire. The results of the t-test of the halal label variable showed a value of (1,430 < 1,984), or sig, <a (0,156 > 0.05), meaning that the halal label variable partially had no significant effect on purchasing decisions. The results of the t-test of the halal awareness variable showed a value of (-0.339 < 1.984), or sig, <a (0.736 > 0.05), meaning that the halal awareness variable had no effect on the decision. The results of the t-test of the product quality variable showed the value (7.282 > 1.984), or sig , <a (0.000 <0.05), meaning that the product quality variable had a significant effect on the decision. The results of the F test show that there is a simultaneous influence between the halal label, halal awareness and product quality on purchasing decisions. In Islamic economics, it is prioritized for harm and benefit and must avoid harm, so Muslim consumers must make halal products a necessity that is applied in everyday life. Keywords: Halal Label, Halal Awareness, Product Quality and Purchase Decision

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Nov 2022 07:40
Last Modified: 14 Nov 2022 07:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21703

Actions (login required)

View Item View Item