ANALISIS SIYĀSAH DUSTŪRIYYAH TERHADAP PERAN DINAS SOSIAL DALAM PEMBINAAN MANUSIA SILVER DI KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi pada Dinas Sosial Kota Bandar Lampung)

VALDO, ALIYAN PUTRA (2022) ANALISIS SIYĀSAH DUSTŪRIYYAH TERHADAP PERAN DINAS SOSIAL DALAM PEMBINAAN MANUSIA SILVER DI KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi pada Dinas Sosial Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI VALDO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Peran adalah aspek dinamis yang berupa tindakan atau perilaku yang melaksanakan hak-hak dan kewajiban sesuai dengan kedudukannya. Peran Dinas Sosial dalam pelaksanaannya ternyata masih ada yang kurang berjalan disebabkan beberapa faktor yang mengakibatkan masih tingginya jumlah kemiskinan dan lapangan pekerjaan yang kurang memadai, akibatnya banyak masyarakat kota Bandar Lampung yang turun ke jalan untuk menjadi peminta-minta seperti manusia silver terutama dalam masa pandemi seperti saat ini. Bahkan anak-anak yang masih di bawah umur ikut turun ke jalan untuk menjadi manusia silver, seringkali kita mendengar pengemis melakukan tindak kriminal, seperti perkelahian dan terjadinya persaingan kekuasaan wilayah mengemis antar komunitas mereka. Bila itu semua terjadi akan membuat keresahan dan terganggunya masyarakat sekitar, berdasarkan peraturan yang ada yaitu Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 03 Tahun 2010 tentang pembinaan anak jalanan, gelandangan dan pengemis. Bab II asas, tujuan dan sasaran pembinaan pasal 4 bagian b merupakan salah satu tugas dari Dinas Sosial. Perbuatan ini pula tidak sesuai dengan ajaran Islam yang mana setiap umat-Nya sudah diajarkan untuk selalu bekerja keras dengan cara yang halal dan baik jika ingin menginginkan sesuatu. Perbuatan meminta-minta juga bisa dikatakan sebagai pengemis dalam Al-Quran pun dijelaskan “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain-Nya.” Penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode kualitatif pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi untuk memberikan informasi terkait peran Dinas Sosial dalam membina manusia silver di Kota Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran Dinas Sosial dalam membina manusia silver di Kota Bandar Lampung dan pandangan siyāsah dustūriyyah terhadap peran Dinas Sosial dalam pembinaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran dari Dinas Sosial dalam pembinaan manusia silver sudah sesuai dengan aturan yang ada. Untuk hasil yang diharapkan belum maksimal karena beberapa faktor dari Dinas Sosial dan juga kesadaran para manusia iv silver yang belum terbuka dengan peraturan yang telah ditetapkan. Berdasarkan analisis siyāsah dustūriyyah peran Dinas Sosial sudah berjalan dengan baik sehingga tujuan untuk mewujudkan kemaslahatan masyarakat yaitu memiliki peran dalam pembinaan dan memberikan bimbingan rohani, serta pelatihan dan pengajaran yang bermanfaat. Kata Kunci: Siyāsah Dustūriyyah, Dinas Sosial, Manusia Silver

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Nov 2022 07:29
Last Modified: 14 Nov 2022 07:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21701

Actions (login required)

View Item View Item