PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PELESTARIAN TRADISI PENGELOLAAN REPONG DAMAR PADA MASYARAKAT PETANI DAMAR DI DESA PAHMUNGAN KECAMATAN PESISIR TENGAH KABUPATEN PESISIR BARAT

AIDI, Nuzirwan (2022) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PELESTARIAN TRADISI PENGELOLAAN REPONG DAMAR PADA MASYARAKAT PETANI DAMAR DI DESA PAHMUNGAN KECAMATAN PESISIR TENGAH KABUPATEN PESISIR BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AIDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pelestarian tradisi pengelolaan repong damar merupakan salah satu realitas kebudayaan para petani damar di desa Pahmungan, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat Krui Lampung. Pengetahuan tentang pengelolaan repong damar adalah peninggalan berharga dari leluhur mereka yang bernilai budaya, sosial dan ekonomi yang tidak dapat di lupakan bahkan tidak dapat di pisahkan dari kehidupan mereka. Namun demi keberlangsungan hidup minimnya pengetahuan dan wawasan masyarakat mengenai pemanfaatan dan pengoptimalan tradisi pengelolaan repong damar ini mulai memudar dikalangan masyarakat. Oleh karena itu dibutuhkan suatu pemberdayaan masyarakat untuk pengembangan selanjutnya. Sebagaimana peneliti melakukan penelitian di desa Pahmungan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pemberdayaan masyarakat yang diterapkan oleh dinas pemberdayaan masyarakat dan pekon untuk pelestarian tradisi pengelolaan repong damar dan bagaimana tingkat partisipasi masyarakat di desa Pahmungan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan masyarakat dan untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam pelestarian tradisi pengelolaan repong damar di desa Pahmungan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif, kemudian pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian ditelaah dan dianalisis dengan cara Reduksi Data, Penyajian Data, dan Verifikasi, adapun dalam menarik kesimpulan penulis menggunakan metode berfikirin deduktif. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa pemberdayaan masyarakat yang dijembatani oleh dinas pemberdayaan masyarakat dan pekon Pesisir Barat di desa Pahmungan dengan tahap penyadaran, pengkapasitasan, dan kemandirian. Untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakatnya dilihat dari tahapan perencanaan, pengelolaan, evaluasi dan menikmati hasil. Pemberdayaan masyarakat tersebut terbilang cukup baik karena selain memberi pemberdayaan kepada masyarakatnya, juga memperbaiki repong damar yang ada di desa Pahmungan. Akan tetapi penerapan pemberdayaan masyarakatnya belum berjalan secara optimal karena program kegiatan khususnya dalam pengorganisasian kegiatan kelompok pengelola damar belum secara menyeluruh. Dan untuk tingkat partisipasi masyarakat, sudah ada partisipasi dari masyarakat untuk pelestarian tradisi pengelolaan repong damar, lebih dilakukan oleh individu pemilik lahan repong damar yang telah dilaksanakan secara turun-temurun dan berkelanjutan sampai saat ini. Kata Kunci: Tradisi Pengelolaan Repong Damar, Partisipasi Masyarakat, Pemberdayaan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Nov 2022 06:55
Last Modified: 14 Nov 2022 06:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21696

Actions (login required)

View Item View Item