PENGARUH PEMBELAJARAN OPEN ENDED MENGGUNAKAN STRATEGI HOLLYWOOD SQUARE REVIEW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DAN PERSISTENSI DIRI SISWA

ALDA, FADILA (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN OPEN ENDED MENGGUNAKAN STRATEGI HOLLYWOOD SQUARE REVIEW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DAN PERSISTENSI DIRI SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ALDA FADILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir reflektif matematis merupakan bagian dari kemampuan berpikir tingkat tinggi yang ada dalam pembelajaran matematika dan menekankan pada proses dengan menghubungkan ke dalam pengetahuan yang telah dimiliki dan yang sedang dipelajari dalam menganalisa masalah, mengevaluasi, menyimpulkan dan memutuskan penyelesaian terbaik terhadap suatu masalah yang telah diberikan. Persistensi Diri mempunyai arti bahwa terdapat kecendrungan bagi beberapa ciri untuk tetap, tak berubah, atau mempunyai bentuk yang relatif tak berubah bahkan juga terhadap latihan dan tekanan sosial. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran Open Ended menggunakan Strategi Holywood Square Review terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dan Persistensi Diri Siswa. Penelitian ini bersifat kuantitatif yang menggunakan metode Quasi Eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMAN 1 Kotaagung. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir reflekitf matematis dan angket persistensi diri siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Manova dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh kesimpulan (1) terdapat pengaruh pembelajaran Open Ended menggunakan Strategi Hollywood Square Review dengan pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik, (2) terdapat pengaruh pembelajaran Open Ended menggunakan Strategi Hollywood Square Review dengan pembelajaran Discovery Learning terhadap persistensi diri peserta didik, (3) terdapat pengaruh pembelajaran Open Ended menggunakan Strategi Hollywood Square Review dengan pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis dan persistensi diri peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Open Ended, Strategi Hollywood Square Review, Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis, Persistensi Diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Nov 2022 06:41
Last Modified: 14 Nov 2022 06:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21695

Actions (login required)

View Item View Item