IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN AL-QURAN HADIST DI KELAS 1C MIN 11 BANDAR LAMPUNG

Jannatul, Amanah (2022) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN AL-QURAN HADIST DI KELAS 1C MIN 11 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (666kB)
[thumbnail of SKRIPSI JANNATUL AMANAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penilaian autentik pada pembelajaran al-quran hadist dikelas 1C MIN 11 Bandar Lampung semulanya dilakukan daring, namun setelah 2 bulan terakhir penilaiannya dilakukan melalui tatap muka. Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilakukan dikelas 1C MIN 11 Bandar lampung, penilaian autentik yang dilakukan oleh guru belum memenuhi standar penilaian autentik, dimana penilaian autentik mencakup aspek penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik. Rumusan masalah pada penelitian ini yakni, bagaimana implementasi penilaian autentik pada pembelajaran al-quran hadist kelas 1C MIN 11 Bandar Lampung, serta apa saja kendala dalam penilaian autentik pada pembelajaran al-quran hadist kelas 1C MIN 11 Bandar lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penilaian autentik pada pembelajaran al-quran hadist di kelas 1C MIN 11 Bandar Lampung serta kendala dalam penilaian autentik pada pembelajaran al-quran hadist di kelas 1C. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan data deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran al-quran hadist, dan objeknya yakni peserta didik kelas 1C. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik analisis data dalam penelitian ini yakni reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Penilaian autentik merupakan penilaian kinerja nyata yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didik untuk melihat perkembangan kemampuan peserta didik tersebut. Pengimplementasian penilaian autentik pada pembelajaran al-quran hadist di kelas 1C MIN 11 Bandar Lampung sudah cukup baik, hasil penelitian menunjukkan: 1) Penilaian pada pembelajaran al-quran hadist di kelas 1C MIN 11 bandar lampung menggunakan teknik penilaian autentik. Dalam kompetensi afektif teknik penilaian yang digunakan yakni penilaian observasi. Pada kompetensi kognitif teknik penilaian yang digunakan yakni tes tertulis, tes lisan, dan penugasan, sedangkan pada kompetensi psikomotorik teknik penilaian yang digunakan yakni penilaian kinerja. 2) Kendala penilaian autentik pada pembelajaran al-quran hadist kelas 1C MIN 11 Bandar Lampung yakni, banyaknya instrument penilaian dan rubik penilaian dalam perencanaan pelaksanaan penilaian (RPP) yang membutuhkan waktu lebih banyak untuk menilai peserta didik satu persatu, guru belum maksimal melaksankan penilaian autentik sebagaimana perencanaan iv yang dibuat dalam RPP, serta persoalan peserta didik yang kurang aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa dalam pengimplementasian penilain autentik sudah cukup maksimal, meskipun pembelajaran al-quran hadist masih berada di transisi masa pembelajaran daring dan pembelajaran tatap muka, untuk teknik penilaiannya sendiri memerlukan waktu yang lebih banyak lagi. Kata kunci: Penilaian Autentik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Nov 2022 04:19
Last Modified: 14 Nov 2022 04:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21694

Actions (login required)

View Item View Item