UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MA AL-UTRUJIYAH BANDAR LAMPUNG

GUSTIA, NINGSIH (2022) UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MA AL-UTRUJIYAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi BAB 1, 2, 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi GUSTIA NINGSIH. Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Upaya kepala adalah dasar sekaligus pendorong yang sangat penting dalam sebuah lembaga pendidikan, dalam pelaksanaan pendidikan disekolah guru merupakan komponen penting untuk melaksanakannya pembelajaran secara baik, untuk itu guru harus mempunyai kinerja yang baik, kinerja guru meliputi Kemampuan Menyusun rencana dan Program pembelajaran, Kemampuan melaksanakan pembelajaran, dan Evaluasi Pembelajaran. Dalam hal ini Kepala Madrasah menjadi kunci utama keberhasilan dan kemajuan peningkatan kinerja guru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MA Al�Utrujiyyah Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dimana lokasi penelitian ini dilakukan dalam lokasi MA Al-Utrujiyyah Bandar Lampung. Dilihat dari sifatnya penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data digunakan model analisis kualitatif melalui tahapan mengorganisasikan data, mengelompokkan data berdasarkan kategori, tema dan pola jawaban. Adapun dalam pengambilan kesimpulan yaitu pemikiran yang berangkat dari fakta-fakta atau peristiwa-peristiwa khusus kemudian dari fakta-fakta tersebut ditarik generalisasi yang mempunyai sifat umum. Hasil dari penelitian ini kepala madrasah telah melakukan upaya dalam meningkatkan kinerja guru di MA Al-Utrujiyyah Bandar Lampung dengan cara 1) menjalin hubungan kerjasama dengan guru, menganggap guru-guru sebagai mitra kerja dan seperti keluarga sendiri serta menerapkan tiga hal yaitu Asah, Asih, dan Asuh, 2) memberikan contoh teladan yang baik kepada guru dengan bekerja keras, ulet, tidak mudah menyerah, tanggung jawab, tangguh, tegas, dan disiplin dalam melaksanakan tugas. 3) kepala madrasah memberikan tugas yang tepat kepada guru sesuai dengan latar belakang pendidikannya. 4) berusaha mempertinggi mutu ilmu guru dengan melanjutkan pendidikan guru, mengikuti kegiatan KKG (kelompok kerja guru), mengikuti karya tulis, workshop, dan kurang dalam kegiatan seminar. 5) melengkapi sarana dan prasarana seperti lab komputer, wifi, alat-alat praktek, pengadaan 2 ruang kelas baru, sarana cuci tangan, perbaikan ruang kepala madrasah, dan kurang dalam pengadaan laboratorium ipa. 6) Kepala madrasah menerapkan peraturan madrasah, dengan datang lebih awal, pulang tepat waktu, kepala madrasah menerapkan 5 K (kedisiplinan, keteladanan, kebersihan, kerapihan, dan keindahan. Kata kunci : Kepala Madrasah, Upaya, Kinerja Guru. ABSTRACT The head's efforts are the basis as well as a very important driver in an educational institution, in the implementation of education in schools the teacher is an important component to carry out learning well, for that teachers must have good performance, teacher performance includes the ability to develop plans and learning programs, the ability to carry out learning , and Learning Evaluation. In this case, the principal is the main key to the success and progress of improving teacher performance. The formulation of the problem in this study is how the principal's efforts in improving teacher performance at MA Al-Utrujiyyah Bandar Lampung. This type of research is field research, where the location of this research is conducted in the location of MA Al-Utrujiyyah Bandar Lampung. Judging from the nature of this research, including descriptive qualitative research. Data collection tools used are observation, interviews, and documentation. In data analysis, a qualitative analysis model was used through the stages of organizing data, grouping data based on categories, themes and patterns of answers. As for drawing conclusions, namely thoughts that depart from facts or special events, then generalizations are drawn from these facts which have a general nature. The results of this study the head of the madrasa has made efforts to improve teacher performance at MA Al-Utrujiyyah Bandar Lampung by 1) establishing cooperative relationships with teachers, considering teachers as work partners and like their own family and applying three things, namely Asah, Asih, and Fostering, 2) providing good examples for teachers by working hard, being tenacious, not giving up easily, being responsible, tough, firm, and disciplined in carrying out their duties. 3) the head of the madrasa gives the right task to the teacher according to his educational background. 4) trying to improve the quality of teacher knowledge by continuing teacher education, participating in KKG activities (teacher working groups), participating in writings, workshops, and lacking in seminar activities. 5) complete facilities and infrastructure such as computer labs, wifi, practical tools, procurement of 2 new classrooms, hand washing facilities, repair of the headmaster's office, and lack of procurement of science laboratories. 6) The head of the madrasa applies the rules of the madrasa, by arriving early, leaving on time, the head of the madrasa applying the 5 K (discipline, exemplary, cleanliness, tidiness, and beauty. Keywords: Head of Madrasah, Effort, Teacher Performance.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:40
Last Modified: 14 Nov 2022 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21691

Actions (login required)

View Item View Item