ANALISIS PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MODEL BLENDED LEARNING DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL HIKMAH BANDAR LAMPUNG

Ajeng, Triana (2022) ANALISIS PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MODEL BLENDED LEARNING DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI AJENG TRIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Portofolio ini dijadikan dasar untuk melihat dan menilai proses perkembangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dari peserta didik, menjadi bukti tentang apa yang dapat dilakukan oleh peserta didik selama pembelajaran. Blended Learning diartikan sebagai pembelajaran konvensional yang biasa dilakukan di dalam kelas dengan mengkombinasikan pembelajaran online baik dilaksanakan secara independen atupun kolaborasi, dengan menggunakan sarana dan prasarana teknologi informasi dan komunikasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian kualitatif merupakan langkah penelitan yang menciptakan data deskriptif berbentuk kata-kata tertulis dan lisan dari orang-orang atau keadaan yang dilihat. penelitian ini diartikan untuk mendeskripsikan dan mengamati bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran secara tatap muka maupun online atau offline menggunakan model pembelajaran blended learning di sekolah MI AL Hikmah Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis portofolio yang dikembangkan berupa portofolio proses dan portofolio produk yang berisi tugas harian peserta didik (Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi) materi tugas tersebut sama dengan materi yang terdapat dalam RPP. Teknik penilaian yang dikembangkan pendidik yaitu kriteria dan format penilaian isi portofolio. Bentuk penyajian portofolio yang tidak dikembangkan pendidik map portofolio dan kegiatan penyusunan portofolio tidak melibatkan peserta didik. Kata Kunci: Penilaian Portofolio, Pembelajaran Tematik, Blended Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:29
Last Modified: 14 Nov 2022 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21690

Actions (login required)

View Item View Item