PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ASESMEN ESSAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA PERINTIS 2 BANDAR LAMPUNG

Wulandari, Iin Rafita (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ASESMEN ESSAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA PERINTIS 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ASESMEN ESSAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA PERINTIS 2 BANDAR LAMPUNG Oleh IIN RAFITA WULANDARI Berdasarkan hasil pra penelitian yang telah dilaksanakan di SMA Perintis 2 Bandar Lampung dalam proses pembelajaran biologi Pembelajaran masih didominasi guru sehingga siswa hanya menerima tanpa memiliki pengalaman belajar, siswa umumnya kurang aktif berpartisipasi dalam proses kegiatan pembelajaran dikelas. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah pembelajaran tersebut ialah dengan menggunakan model problem based learning berbasis asesmen essai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbasis asesmen essai terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Perintis 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian quasi eksperimen. Pengambilan sampel secara cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t independent. Data yang diperoleh dari penelitian ini untuk kelas eksperimen dengan nilai N-gain 0,65, dan untuk kelas kontrol dengan nilai N-gain sebesar 0,37 dengan kriteria sedang. Hasil penerapan untuk asesmen essai I sebesar 2,11% dan asesmen essai II sebesar 3,51%. Berdasarkan hasil uji hipotesis t independent pada hasil belajar ranah kognitif thitung sebesar 6,02 dengan ttabel sebesar 1,70. Pada hasil belajar ranah afektif thitung sebesar 10,34 dengan ttabel sebesar 1,70. Pada hasil belajar ranah psikomotorik thitung sebesar 12,6 dengan ttabel sebesar 1,70. Menunjukan thitung > ttabel artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbasis asesmen essai terhadap hasil belajar siswa kelas X pada pelajaran biologi di SMA Perintis 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci : Asesmen Essai, Hasil Belajar, Model Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 17 Nov 2017 03:47
Last Modified: 17 Nov 2017 03:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2169

Actions (login required)

View Item View Item