IMPLIKASI GELAR ADAT TERHADAP STATUS SOSIAL PADA MASYARAKAT LAMPUNG PEPADUN (Studi Kasus di Tiyuh Negeri Besar Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Waykanan )

FITRIATI, Samsudin d (2022) IMPLIKASI GELAR ADAT TERHADAP STATUS SOSIAL PADA MASYARAKAT LAMPUNG PEPADUN (Studi Kasus di Tiyuh Negeri Besar Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Waykanan ). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPIS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FITRIATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Gelar dalam adat lampung merupakan kedudukan yang dengannya dapat membedakan baik hak maupun kewajiban. Kedudukan dari masing-masing gelar mempunyai tugas dan fungsi yang berbeda. Gelar adat merupakan suatu simbol yang diberikan kepada seseorang untuk mengakui keberadaannya dalam masyarakat tersebut. Gelar tersebut berkaitan dengan status dan kedudukan yang bersangkutan dalam strata kehidupan dalam masyarakat baik dalam status sebagai orang yang bergelar dalam adat ataupun dalam sistem pendidikan, gelar tersebut sangat berpengaruh dalam masyarakat. Gelar dapat memperlihatkan kedudukannya dalam masyarakat bahkan penghormatan-penghormatan khusus diberikan kepada seorang penyandang gelar tertinggi ,misalnya ketika seorang penyandang gelar baik dalam gelar adat maupun gelar pendidikan datang disuatu kegiatan maka sebagai penyandang gelar maka ia mendapatkan tempat yang terhormat di sana dan didudukan ditempat yang paling depan. Gelar dapat menunjukkan status sosial di dalam masyarakat. Rumusan masalah penelitian ini adalah apa saja upaya mempertahankan gelar adat sebagai status sosial dalam Masyarakat Lampung Pepadun di Tiuh Negeri Besar Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Waykanan, dan Bagaimana implikasi gelar adat terhadap status sosial dalam Masyarakat Lampung Pepadun di Tiuh Negeri Besar Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Waykanan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui upaya dalam mempertahankan Status Sosial Pada MasyarakatLampung pepadun, serta Untuk mengetahui impliikasi gelar adat terhadap status sosial dalam Masyarakat Lampung Pepadun. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan ( field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis mengunakan metode deskriptif analisis. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah Upaya Mempertahankan Gelar adat Sebagai Status Sosial Dalam Masyarakat Lampung Pepadun Di Tiuh Negeri Besar Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Waykanan, Untuk mempertahankan gelar dan status sosial dimasyarakat itu sendiri mereka yang meraih gelar adat itu harus mampu mempungsikan dirinya atau membedakan yang bergelar atau tidak. Orang yang sudah mempunyai gelar harus mengikuti peraturan-peraturan adat. Karena sebelum mereka mengambil gelar itu sendiri mereka sudah menyepakati aturan-aturang yang ada diadat itu. Sehingga seseorang yang sudah mempunyai gelar harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat atau orang yang tidak mempunyai gelar. implikasi gelar adat terhadap status sosial, Gelar merupakan status sosial yang menunjukan bahwa seseorang telah melakukan pengambilan gelar. Gelar adat sebagai status sosial memberikan kedudukan dalam masyarakat. Masyarakat pada umumnya memperlakukan secara istimewa orang-orang yang telah memiliki gelar adat. Kata Kunci : Implikasi Gelar Adat, Status Sosial

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:48
Last Modified: 10 Nov 2022 07:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21683

Actions (login required)

View Item View Item