PENERAPAN MARKET BASKET ANALYSIS MENGGUNAKAN PROSES KNOWLEDGE DISCOVERY IN DATABASE (KDD) SEBAGAI STRATEGI PENJUALAN PRODUK SWALAYAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Putra Baru Swalayan Korpri)

M., IQBAL ARYA PRAMUDYA (2022) PENERAPAN MARKET BASKET ANALYSIS MENGGUNAKAN PROSES KNOWLEDGE DISCOVERY IN DATABASE (KDD) SEBAGAI STRATEGI PENJUALAN PRODUK SWALAYAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Putra Baru Swalayan Korpri). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI M. IQBAL ARYA PRAMUDYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kebiasaan belanja konsumen dalam pembelian produk dapat dimanfaatkan oleh para peneliti dalam mengembangkan strategi pemasaran. Penentuan strategi pemasaran produk yang tepat dapat dilakukan dengan menganalisis kebiasaan belanja konsumen di dalam suatu usaha ritel. Market basket analysis adalah salah satu analisis keranjang belanja dalam penentuan strategi pemasaran dengan cara mengetahui produk yang dibeli secara bersamaan. MBA ini juga dapat digunakan dalam memahami kebiasaan konsumen dalam membeli produk-produk yang dijual melalui transaksi belanja dengan analisis association rule mining. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pola aturan asosiasi (rule) produk dan untuk melihat strategi pemasaran produk yang tepat berdasarkan hasil aturan asosiasi yang terbentuk. Penelitian ini menggunakan Algoritma Apriori dalam mendapatkan hasil aturan asosiasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa observasi dan wawancara. Sumber data yang ada didalam penelitian ini berasal dari sumber data primer yang diperoleh langsung dari narasumber yaitu owner dan supervisor PB Swalayan Korpri Bandar Lampung. Sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan buku dan jurnal penelitian terdahulu yang relevan dengan judul dan juga teori yang digunakan. Peneliti ini berhasil mendapatkan hasil aturan asosiasi sebanyak 15 rule dari jumlah total transaksi sebanyak 901 transaksi belanja pada PB Swalayan yang menjelaskan kebiasaan belanja konsumen. Aturan asosiasi tertinggi mencapai nilai support dan confidence sebesar 99,6% dan 100%. Selanjutnya dua strategi digunakan pada penelitian ini yaitu tata letak produk dan katalog promosi. Dengan menggunakan aturan asosiasi yang menjelaskan kebiasaan belanja konsumen, strategi ini dapat meningkatkan kepuasaan pelangggan serta profit dari swalayan. Kata Kunci: Data Mining, Apriori, Market Basket Analysis, Strategi Penjualan Produk. iv ABSTRACT Consumer spending habits in purchasing products can be utilized by researchers in developing marketing strategies. Determination of the right product marketing strategy can be done by analyzing consumer spending habits in a retail business. Market basket analysis is one of the shopping basket analysis in determining marketing strategies by knowing which products are purchased simultaneously. This MBA can also be used in understanding consumer habits in buying products sold through shopping transactions with association rule mining analysis. The purpose of this research is to find out the pattern of product association rules and to see the right product marketing strategy based on the results of the association rules that are formed. This study uses the Apriori Algorithm to obtain the results of association rules. This study uses qualitative methods, data collection techniques carried out in the form of observations and interviews. The source of the data in this study comes from primary data sources obtained directly from the resource persons, namely the owner and supervisor of PB Supermarket Korpri Bandar Lampung. As for the secondary data obtained from literature studies of previous research books and journals that are relevant to the title and also the theory used. This researcher managed to get the results of association rules as many as 15 rules from the total number of transactions as many as 901 shopping transactions at PB Swalayan which explained consumer spending habits. The highest association rules reach support and confidence values of 99.6% and 100%. Furthermore, two strategies are used in this study, namely product layout and promotional catalogs. By using association rules that explain consumer spending habits, this strategy can increase customer satisfaction and profit from supermarkets. Keywords: Data Mining, Apriori, Market Basket Analysis, Product Sales Strategy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:30
Last Modified: 10 Nov 2022 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21682

Actions (login required)

View Item View Item