KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DENGAN ANAK DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI (Studi Pada Anak Sekolah Dasar Negeri Desa Belambangan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan)

SAFITRI, Sahidan (2022) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DENGAN ANAK DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI (Studi Pada Anak Sekolah Dasar Negeri Desa Belambangan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SAFITRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah proses komunikasi interpersonal orang tua dengan anak dalam pembelajaran daring dikarenakan adanya pandemi, disebabkan oleh coronavirus disease 2019 (COVID-19). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiamana proses komunikasi interpersonal anatara orang tua dengan anak pada proses pembelajaran daring pada masa pandemi pada anak Sekolah Dasar Negeri Desa Belambangan, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian field risearch, sifat penelitian ini adalah kualitatif, penelitian ini menggunakan teknik purposvie sampling, teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dilandasi dengan teori dan penelitian terdahulu yang relevan sehingga menghasilkan pemahaman penelitian, dan teknik analisis data pada penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Hasil penelelitian di temukan berlandaskan teori efektivitas komunikasi interpersonal menurut Devito. Bahwasannya adanya keterbukaan (openness), empati (empathy), dukungan (supportiveness), perilaku positif (positiviness) dan kesetaraan (equality) sangatlah diperlukan dalam proses komunikasi interpersonal anatara orang tua dengan anak dalam pemebelajaran daring di masa pandemi. Hal ini melihat dari kondisi dilapangan karena anak di usia sekolah dasar merupakan usia yang paling rentan, dimana mereka membutuhkan interaksi sesama dengan teman sebayanya atau gurunya ketika di sekolah, mengembangkan kemampuan komunikasinya dalam bersosiaisasi. Tetapi mereka harus merasakan kebosanan terus-menerus belajar di rumah. Begitu pula dengan orang tua dikejutkan dengan kebiasaan di pagi hari yang berbeda, biasanya hanya mempersiapkan kebutuhan anak sekolah, kini harus menjadi guru di rumah dan harus mengahadapi kondisi dari anak juga. Oleh karena itu pandemi berpengaruh dengan keadaan emosional individu yang terlibat yaitu orang tua dengan anak.Dari penelitian yang disampaikan dapat disimpulkan beradasarkan hasil analisis dari peneltian penulis menunjukan bahwa dari 10 anak dan 10 orang tua (ibu) dalam kegiatan pembelajaran daring pada masa Pandemi Covid-19 pada tahun 2020 banyak kendala yang dihadapi, sehingga komunikasi yang dilakukan orang tua dengan anak belum dikatakan berhasil. Kata kunci: Komunikasi, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19 iii ABSTRACT The problem taken in this study is the process of interpersonal communication between parents and children in online learning due to a pandemic, caused by coronavirus disease 2019 (COVID-19). The purpose of this study was to find out how the process of interpersonal communication between parents and children in the online learning process during the pandemic in children from the State Elementary School in Belambangan Village, Penengahan District, South Lampung Regency was carried out. This research method uses a field, the nature of this research is qualitative, this research uses a purposive samplingtechnique, the data collection technique in this study uses observation, interviews, and documentation methods, and is based on relevant theories and previous research so as to produce an understanding of the research. , and the data analysis technique in this research is descriptive analysis method. The results of the study were found based on the theory of the effectiveness of interpersonal communication according to Devito. That there is openness , empathy ,support , positive behavior and equality are needed in the interpersonal communication process between parents and children in online learning during a pandemic. This is seen from the conditions in the field because children at elementary school age are the most vulnerable age, where they need peer interaction with their peers or teachers when at school, develop their communication skills in socializing. But they must feel the constant boredom of studying at home. Likewise, parents are surprised by different habits in the morning, usually only preparing for the needs of school children, now they have to become teachers at home and have to face the conditions of their children as well. Therefore, the pandemic affects the emotional state of the individuals involved, namely parents and children. From the research submitted, it can be concluded that based on the results of the analysis of the author's research, it shows that of 10 children and 10 parents (mothers) in online learning activities during the Covid-19 pandemic. 19 in 2020 many obstacles are faced, so that communication between parents and children has not been said to be successful. Keywords: Communication, Online Learning, Covid-19 Pandemic

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Nov 2022 06:43
Last Modified: 10 Nov 2022 06:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21676

Actions (login required)

View Item View Item