PENGARUH PROFITABILITAS, RISIKO UNDERWRITING, DAN REASURANSI TERHADAP SOLVABILITAS PADA PERUSAHAAN ASURANSI (Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Periode 2016-2020)

Anne, Aprilia (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, RISIKO UNDERWRITING, DAN REASURANSI TERHADAP SOLVABILITAS PADA PERUSAHAAN ASURANSI (Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Periode 2016-2020). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2_ANNE APRILIA_1651020455.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_ANNE APRILIA_1651020455.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring berkembangnya ilmu teknologi dan perekonomian yang semakin maju menuntut setiap orang untuk bekerja keras sesuai dengan bidang yang ditekuninya. Untuk menghadapi risiko yang datangnya tidak dapat diduga-duga maka perlu adanya kesadaran pada manusia untuk membutuhkan asuransi didalam hidup manusia untuk mengurangi risiko yang akan terjadi dimasa depan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap solvabilitas pada asuransi yang terdaftar di OJK, dan untuk mengetahui pengaruh resiko underwriting terhadap solvabilitas pada asuransi yang terdaftar di OJK, dan untuk mengetahui reasuransi terhadap solvabilitas pada asuransi yang terdaftar di OJK, dan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, resiko underwriting dan reasuransi terhadap solvabilitas secara simultan pada asuransi yang terdaftar di OJK , dan untuk mengetahui profitabilitas, resiko underwriting dan reasuransi terhadap solvabilitas pada asuransi yang terdaftar di OJK menurut pandangan perspektif islam Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data sekunder diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2016-2020, dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 8 perusahaan Asuransi yang memenuhi kriteria dan kelengkapan data, sehingga jumlah keseluruhan sample adalah 40 data. Metode analisis data yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik dan Analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan variabel Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Solvabilitas. Variabel Risiko Underwriting berpengaruh positif dan signifikan terhadap Solvabilitas. Sedangkan, Variabel Reasuransi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Solvabilitas. Hasil uji secara simultan variabel Profitabilitas, Risiko Underwriting, dan Reasuransi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Solvabilitas. Menurut pandangan perspektif islam variabel Profitabilitas, Risiko Underwriting, dan Reasuransi terhadap Solvabilitas dijelaskan pada surah An-Nahl ayat 90 dimana ayat tersebut menjelaskan untuk berbisnis dengan cara yang adil, dalam sikap, tindakan, dan perbuatan, baik kepada diri sendiri maupun dengan orang lain. Kata kunci: Profitabilitas, Resiko Underwriting, Reasuransi, Solvabilita

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Nov 2022 06:37
Last Modified: 10 Nov 2022 06:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21675

Actions (login required)

View Item View Item