PENGEMBANGAN BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD/MI

Lily, Rahmawati Prastya (2022) PENGEMBANGAN BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS LILY.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI  LILY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa Buku Saku Digital Berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan buku saku dapat memperoleh informasi tanpa banyak membuang waktu dan bisa dibawa kemana-mana agar tercapai pembelajaran yang efektif, efisien dan berdaya guna menarik. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) berdasarkan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subyek penelitian ini adalah peserta didik SDN 6 Gedong Tataan dan MI Al-Muhajirin Panjang Bandar Lampung. Data penelitian diperoleh dengan teknik wawancara, angket dan tes. Sebelum buku saku digital digunakan dilakukannya tahap validasi dengan melibatkan enam validator yang terbagi atas validator ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Tahap uji coba dilakukan dengan desain One Group Pretest-Posttest, subjek uji coba skala kecil melibatkan 15 peserta didik dan subjek uji coba skala besar melibatkan 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kelayakan buku saku digital oleh ahli media mencapai 71% termasuk dalam kategori “Layak”, hasil penilaian ahli materi mencapai 90% termasuk dalam kategori “Sangat Layak” dsn hasil penilaian ahli bahasa mencapai 88% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Hasil respon peserta didik terhadap Buku Saku Digital Berbasis PBL Mata Pelajaran Matematika diperoleh rata-rata uji coba skala kecil mencapai 93% dengan kriteria “Sangat Menarik” dan rata�rata uji coba skala besar mencapai 90% dengan kriteria “Sangat Menarik”. Serta keefektikan buku saku digital berbasis PBL mata pelajaran matematika berdasarkan hasil analisis N-Gain memperoleh hasil 0,77 dengan kriteria “Tinggi” pada uji coba skala kecil dan memperoleh hasil 0,74 dengan kriteria “Tinggi pada uji coba skala besar. Kata Kunci : Buku Saku, Digital, Problem Based Learning (PBL).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Nov 2022 06:30
Last Modified: 10 Nov 2022 06:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21673

Actions (login required)

View Item View Item