PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRADING PLACE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 MANDALASARI KECAMATAN SRAGI LAMPUNG SELATAN

NING, FATIMAH (2022) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRADING PLACE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 MANDALASARI KECAMATAN SRAGI LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NING FATIMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi pembelajaran adalah strategi yang cukup baik. Diharapkan setelah diterapkan metode tersebut dapat berdampak positif terhadap keaktifan belajar. konsep pembelajaran dengan strategi pembelajaran trading place kelihatannya akan mendorong guru dan peserta didik melaksanakan praktek pembelajaran secara aktif shingga diharapkan dapai tercaapainya peningkatan keaktifan belajar. Latar belakang masalah berdasarkan rendahnya keaktifan belajar siswa pada mataa pelajaran bahasa Indonesia merupakan indikasi bahwa pelajaran yang yang dilaksanakan selama ini belum mencapai ketuntasan dikarenakan beberapa faktor yaitu pembelajaran yang digunakan masih menggunakan masih menggunakan strategi yang bevariatif.sehingga dengan ini rumusan masalah nya adalah apakah strategi pembelajaran aktif tipe trading place dapat mmeningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas IV di SDN 1 Mandalasari Kecamatan Sragi Kbupaten Lampung Selatan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain model alur penelitian tindakan kelas model kemiss dan mc taggart. Penelitian ini dilakukan selama III siklus . Setiap siklus terdiri dari empat tahaap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,observasi, dan refleksi. Indikator ketercapaian keaktifan peseta didik pada penelitian ini ≥80% keseluruhan peserta didik. Subjek peneltian in adalah kelas IV A SDN 1 Mandalasari kecamatan sragi kabupaten Lampung Selatan yang berjumlah 23 siswa Pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe trading place untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV A Sdn 1 Mandalasari . Hal ini di buktikan adanya peningkatan keaktifan peserta didik dari tiap siklusnya, yaitu siklus I sebesar 42,2% siklus II meningkat menjadi 69,6% dan pada siklus III meningkat menjadi 83,04% dari jumlah keseluruhan peserta didi k kelas IV A SDN 1 Mandalasari Kecamatan Sragi Kabupaten Lampung Selatan. Kata kunci : strategi pembelajaran aktif tipe trading place,dan keaktifan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Nov 2022 07:31
Last Modified: 09 Nov 2022 07:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21666

Actions (login required)

View Item View Item