PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 1 KURNIA MATARAM LAMPUNG TENGAH

AHMAD, SYARIF ALDIVIAN (2022) PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 1 KURNIA MATARAM LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI AHMAD SYARIF ALDIVIAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan pengamatan di SDN 1 Kurnia Mataram pada Mata Pelajaran IPA , diketahui bahwa siswa masih kurang aktif dalam melakukan pengamatan dan percobaan disebabkan oleh metode belajar yang digunakan guru masih menggunakan metode konvensional/ceramah. Selain itu pembelajaran IPA yang berlangsung selama ini masih berpusat pada guru, dengan menggunakan metode yang membuat siswa kurang aktif, aktivitas guru masih sangat besar dibandingkan dengan aktivitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari kebiasaan guru yang hanya menulis pelajaran di papan lalu menerangkan. Sedangkan siswa lalai dengan aktivitasnya masing-masing tanpa memperhatikan apa yang diajarkan. Dari hasil pr penelitian ketuntasan berfikir kritis dari 24 siswa hanya 5 siswa yang tuntas sedangkan 19 siswa tidak tuntas. Prosentase ketuntasan baru mencapai 21% dan prosentase tidak tuntas masih mencapai 79%. Oleh karena itu siswa dalam belajar IPA kurang memahami dan merasa jenuh yang diajarkan sehingga hasil pembelajaran tidak maksimal. Pendekatan yang di lakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk memaknai hasil pengamatan yang berasal dari lembar observasi yang dalam penelitian ini pengamatan pada tindakan yang dilakukan guru dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Analisis data kuantitatif digunakan untuk menentukan perbaikan kemampuan berpikir kritis siswa yang didapatkan melalui hasil tes dan mendeskripsikannya dalam bentuk diagram. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode inkuiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa yang pada kondisi awal 54,67 dan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan inkuiri pada siklus I rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa mencapai angka 71,5 yang artinya terjadi peningkatan sebesar 16,83 persen. Setelah dilakukan perbaikan oleh guru pada tahap mengajukan pertanyaan- pertanyaan yang berkaitan dengan materi dengan cara meningkatkan keterampilanbertanya dan membina suasan responsif dalam apersepsi, kemudian pada tahap melakukan eksperimen sederhana untuk menguji hipotesis berupa meningkatkan perhatian guru terhadap siswa, jumlah anggota kelompok yang disesuaikan, memberikan tugas tambahan pada anak yang hiperaktif dan memberikan bimbingan dengan membacakan satu persatu langkah percobaan serta perbaikan pada dalam tahap analisis data, dimana guru memberikan kalimat penuntun pada kolom jawaban siswa yang terdapat dalam LKS, serta guru meluruskan jawaban siswa dengan menampilkan bukti-bukti pada tahap menarik kesimpulan, skorkemampuan berpikir kritis siswa meningkat 6,33 persen sehingga pada siklus II mencapai angka 77,83 dan masuk dalam kategori baik. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa penerapan metode inquiry memiliki pengaruh yang posistif dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis pada pelajaran IPA dikelas IV SDN 1 Kurnia Mataram. Kata Kunci : Kemampuan Berfikir Kritis, Inquiry, Ilmu Pengetahuan Alam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Nov 2022 07:25
Last Modified: 09 Nov 2022 07:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21665

Actions (login required)

View Item View Item