PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE MODIFIKASI BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS IV SD

Adinda, Larasati Nursitasari (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE MODIFIKASI BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS IV SD. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah pada saat pelaksanaan pembelajaran variasi media yang digunakan guru masih kurang. Media yang selama ini digunakan guru dinilai kurang praktis karena tidak dapat digunakan sewaktu-waktu oleh siswa. Secara umum siswa lebih tertarik pada penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Modifikasi Berbasis Android Untuk Siswa Kelas IV SD, mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Modifikasi Berbasis Android berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media, mengetahui penilaian siswa mengenai penggunaan Media pembelajaran Crossword Puzzle Modifikasi Berbasis Android . Metode penelitian ini adalah Research and Development (R & D) berdasarkan model ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahap yaitu, analysis, design, development, implementation dan evaluation. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, angket dan dokumentasi. Validasi media pembelajaran dilakukan oleh ahli materi dan ahli media serta diujicobakan dengan skala kecil dan skala besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media Pembelajaran Crossword Puzzle dikembangkan melalui lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi; (2) tingkat kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh rata-rata skor 90% yang termasuk dalam kategori sangat layak, ahli media diperoleh rata-rata skor 92,8% yang termasuk dalam kategori sangat layak; (3) penilaian siswa kelas IV SDN 3 Margodadi Lampung selatan diperoleh rata-rata skor 80 % yang termasuk dalam kategori Menarik (Layak) dan penilaian siswa kelas IV SDN 7 Bandar Jaya Lampung Tengah diperoleh rata-rata skor 76 % yang termasuk dalam kategori menarik (Layak). Sedangkan respon pendidik diperoleh sebesar 87,68 % dengan kriteria sangat Layak. Sehingga Media pembelajaran Crossword Puzzle modifikasi berbasis Android layak digunakan sebagai media dalam kegiatan pembelajaran tematik. Kata Kunci: ADDIE, Android , Crossword Puzzle Modifikasi, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Nov 2022 04:25
Last Modified: 09 Nov 2022 06:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21661

Actions (login required)

View Item View Item