PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) BERBANTUAN SCHOOLOGY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG

ANITA, WULANDARI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) BERBANTUAN SCHOOLOGY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of ANITA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) BERBANTUAN SCHOOLOGY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG Oleh : Anita Wulandari Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 10 Bandar Lampung diperoleh hasil bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik dan motivasi belajar masih tergolong rendah disebabkan kegiatan belajar mengajar hanya terjadi komunikasi satu arah sehingga kurangnya partisipasi peserta didik pada saat pembelajaran karena hanya guru yang berperan aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran search, solve, create and share (SSCS) berbantuan schoology terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 10 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini ialah quasy eksperimen. Design penelitian yang digunakan ialah pretest posttest only control design. Penelitian di lakukan pada tanggal 26 Juli sampai dengan 10 Agustus 2022 di kelas XI IPA SMA Negeri 10 Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Sampel ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen (XI IPA 4) dan kelas control (XI IPA 5). Model pembelajaran pembelajaran search, solve, create and share (SSCS) berbantuan schoology di laksanakan pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas control menggunakan model discovery learning. Populsi pada penelitian ini adalah kelas XI IPA yang berjumlah 216 yang terdiri dari 6 kelas. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh uji hipotesis hasil belajar kemampuan berpikir kritis menggunakan ji independent t test SPSS 25 dengan hasil ttabel (166690) > thitung (12,095) menunjukkan bahwa nilai sig (2- tailed) = 0,000 dimana (0,000 < iv 0,05) maka H0 di tolak dan H1 diterima. Artinya data signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran search, solve, create and share (SSCS) berbantuan schoology terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 10 Bandar Lampung. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar, Model Search, Solve, Create and Share (SSCS), Schoology

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Nov 2022 06:57
Last Modified: 08 Nov 2022 06:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21655

Actions (login required)

View Item View Item