STRATEGI KONTEN KREATOR DALAM MEMPRODUKSI VIDEO DAKWAH DI AKUN TIKTOK @KAK.JEFRI

NABILA, AISYA PUTRI (2022) STRATEGI KONTEN KREATOR DALAM MEMPRODUKSI VIDEO DAKWAH DI AKUN TIKTOK @KAK.JEFRI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I & II.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI NABILA AISYAH PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Adanya tantangan maraknya konten non dakwah yang semakin digemari masyarakat pada platform TikTok, @kak.jefri memilih memproduksi konten dakwah melalui audio visual. Strategi menjadi sangat penting untuk mengembangkan konten dakwah melalui TikTok. Dalam era digital saat ini melihat realita tersebut kreator harus pintar dalam mengemas konten dakwah. Menggunakan strategi agar dapat menghasilkan sebuah konten yang diminati oleh audiensnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi konten Kreator dalam Memproduksi Video Dakwah di Akun TikTok @kak.jefri. Adapun jenis penelitian yang peneliti gunakan penelitian kepustakaan (Library reaserch) dan sifat penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk melengkapi penelitian ini digunakan metode dokumentasi dan wawancara bebas terpimpin. Adapun Analisis data yang di gunakan yaitu analisis isi (Content analysis). Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa dalam video yang diamati penulis mulai bulan Agustus 2021- April 2022, Analisis pesan dakwah semua didalamnya mengandung pesan-pesan Al-Qur’an dan Hadist, melalui video isi pesan pada konten yang diunggah melalui akun TikTok @kak.jefri mempunyai pesan dakwah beragam, yaitu pesan dakwah tentang aqidah, syari’ah, dan akhlak. Adapun jumlah pesan aqidah 2 konten, pesan akhlak 1 konten, pesan Syari’ah 4 konten, masing-masing pesan tersebut penulis dapat menyimpulkan bahwa pesan yang terkandung dalam setiap konten mempunyai isu yang berbeda-beda dari setiap pesannya. Dari yang penulis amati lebih banyak urusan Akhirat. Strategi Konten kreator menggunakan tiga tahapan proses strategi yaitu, perumusan strategi, pelaksanaan strategi, dan evaluasi strategi. Dapat di simpulkan dari hasil analisis yang didapat peneliti, konten kreator @kak.jefri bisa dikatakan berhasil, penulis berpendapat berhasil karena Strategi yang dijalankan konten kreator cukup sinkron sesuai dengan teori-teori yang ada, Strategi yang dijalankan konten kreator cukup sinkron/ sesuai dengan teori-teori yang ada, Konten dakwahnya berkualitas karena isi iii pesan dakwahnya terdapat di Al-Qur’an dan Hadist, Audiens yang nonton menjadi lebih antusias dan dapat menyimak video tersebut, Menghasilkan hal yang positif di kalangan anak muda. Dalam artian Konten video @kak.jefri merupakan konten menarik yang memberikan sarana informasi dakwah dan layak ditonton. . Kata Kunci: Konten Kreator, Produksi Konten Video, Strategi, TikTok iv ABSTRACK With the challenge of the proliferation of non-da'wah content that is increasingly popular with the public on the TikTok platform, @kak.jefri chooses to produce da'wah content through audio-visuals. Strategy becomes very important to develop da'wah content through TikTok. In the current digital era, seeing this reality, creators must be smart in packaging da'wah content. Using strategies to produce content that the audience is interested in. This study aims to determine the content strategy of creators in producing Da'wah videos on the TikTok account @kak.jefri. The type of research that the researcher uses is library research and the nature of the research is descriptive qualitative. The method used to complete this research used the method of documentation and free guided interviews. The data analysis used is content analysis. This study aims to determine the content strategy of creators in producing Da'wah videos on the TikTok account @kak.jefri. The type of research that the researcher uses is library research and the nature of the research is descriptive qualitative. The method used to complete this research used the method of documentation and free guided interviews. The data analysis used is content analysis (Content analysis). Based on the results of the research analysis, it shows that in the videos the author observed from August 2021-April 2022, the analysis of the da'wah messages all contained messages from the Qur'an and Hadith, through video messages on the content uploaded through the TikTok account @kak. Jefri has various da'wah messages, namely da'wah messages about aqidah, shari'ah, and morals. As for the number of messages of aqidah 2 content, moral messages 1 content, Shari'ah messages 4 content, each of these messages the author can conclude that the messages contained in each content have different issues from each message. From what the author observes, there are more matters of the Hereafter. Strategy Content creators use three stages of the strategy process, namely, strategy formulation, strategy implementation, and strategy evaluation. It can be concluded from the results of the analysis obtained by the researcher, the v content creator @kak.jefri can be said to be successful, the author believes it is successful because the strategy implemented by the content creator is quite synchronous according to existing theories, the strategy carried out by the content creator is quite synchronous / in accordance with the theory -the existing theory, the quality of the da'wah content because the contents of the da'wah message are found in the Qur'an and Hadith, the audience who watch becomes more enthusiastic and can listen to the video, produces positive things among young people. In the sense that @kak.jefri's video content is interesting content that provides a means of proselytizing information and is worth watching. Keywords: Conten Creator, Video Content Production, Strategy, TikTok

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Nov 2022 03:21
Last Modified: 08 Nov 2022 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21653

Actions (login required)

View Item View Item