KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGUATAN KINERJA GURU DI MTSN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA

SITA, SAPUTRI (2022) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGUATAN KINERJA GURU DI MTSN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SITA SAPUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran dapat tercapai apabila kepala madrasah sebagai pemimpin mampu memacu guru dalam meningkatakan kinerja dengan penuh dedikasi yang tinggi terhadap tugas yang diemban. Kepala MTs N 1 Kotabumi Lampung Utara, sudah mengimplemtasikan Indikator kepemimpinan konsep fungsi-fungsi manajemen yaitu POACE (planning,organizing, actuatig, controling, kemudian evaluasi), menggerakkan, memotivasi, dan membina sehingga menghasilkan guru atau pendidik yang berkualitas dan professional, dengan cara berinteraksi langsung dengan guru, memberikan pujian serta mengikutsertakan guru dalam pelatihan dan pengembangan sesuai dengan kebutuhan guru, yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus, dalam hal ini mengamati penguatan kinerja guru di MTsN 1 Kotabumi Lampung utara. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum guru-guru dan peserta didik di MTsN 1 Kotabumi Lampung utara. Data sekunder berupa data teoritis, data dokumentasi dan data pendukung lainnya yang diperoleh dari dokumen sekolah. Uji keabasahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepemimpinan kepala madrasah yaitul 1) Mempengaruhi dalam mengelola pembelajaran peserta didik dengan cara memantau membuat RPP serta melakukan kegiatan�kegiatan yang bersifat pelatihan terutama mengenai pembelajaran secara daring, 2) Menggerakkan yakni menjadi teladan atau contoh bagi masyarakat madrasah terutama guru, contohnya saja kepala madrasah tidak sungkan untuk mengambil sampah ketika guru atau petugas kebersihan tidak ada, berpakaian rapih, tepat waktu, tegas dan lain sebagainya sehingga secara tidak langsung menjadi contoh tersendiri bagi warga madrasahnya, 3) kemampuan profesional yang dilakukan kepala madrasah dalam penguatan kemampuan profesional guru adalah menumbuhkan motivasi kineja guru dengan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Mengikutsertakan guru dalam seminar dan juga pelatihan. 4). Membina kinerja guru dalam kemampuan sosial yakni berkomunikasi bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga pendidik, orangtua/wali peserta didik sehingga dapat mengetahui sejauh mana proses pembelajaran peserta didik dan memberikan dampak yang positif bagi madrasah. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kinerja Guru iii ABSTRACT Improving teacher performance in learning can be achieved if the head of the madrasa as a leader is able to spur teachers to improve performance with high dedication to the task at hand. The head of MTs N 1 Kotabumi, North Lampung, has implemented leadership indicators for the concept of management functions, namely POACE (planning, organizing, actuating, controlling, then evaluating), mobilizing, motivating, and fostering so as to produce qualified and professional teachers or educators, by way of interact directly with teachers, give praise and involve teachers in training and development according to teacher needs, which aims to improve teacher performance in managing learning in the classroom, This study uses a qualitative descriptive method, using a case study approach, in this case observing the strengthening of teacher performance at MTs N 1 Kotabumi, North Lampung. This study uses data collection techniques by means of interviews, observation, and documentation. The primary data in this study were the head of the madrasa, the head of the curriculum for teachers and students in MTs N 1 Kotabumi, North Lampung. Secondary data in the form of theoretical data, documentation data and other supporting data obtained from school documents. Test the validity of the data is done by triangulation of sources. Data analysis in this study uses data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that the leadership role of the madrasah principal were 1) Influencing in managing student learning by monitoring making lesson plans and conducting training activities, especially regarding online learning, 2) Mobilizing, namely being an example or example for the madrasa community, especially teachers. For example, the head of the madrasah does not hesitate to pick up trash when the teacher or janitor is not available, is neatly dressed, punctual, firm and so on so that it indirectly becomes a separate example for his madrasah residents, 3) professional skills carried out by the madrasa principal in strengthening abilities teacher professionalism is to foster teacher performance motivation by creating a conducive work environment. Involving teachers in seminars and training. 4). Fostering teacher performance in social skills, namely communicating effectively with students, fellow educators, educators, parents/guardians of students so that they can find out the extent of the learning process of students and have a positive impact on madrasas. Keywords: Principal Leadership, Teacher Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Nov 2022 03:48
Last Modified: 07 Nov 2022 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21635

Actions (login required)

View Item View Item