TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP STRATEGI PEMASARAN DALAM BUDIDAYA UDANG TAMBAK(Studi Di Desa Pengubaian Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu)

Ega, Gapin Galau (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP STRATEGI PEMASARAN DALAM BUDIDAYA UDANG TAMBAK(Studi Di Desa Pengubaian Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI EGA GAPIN GALAU.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Pemasaran Islam adalah sebuah displin bisnis strategi yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran dan perubahan values dari satu investor kepada stakholders(pemilik kepentingan) yang dalam keseluruhan proses sesuai akad serta prinsip-prinsip Al-Quran dan Hadist. Tujuan adanya strategi pemasaran ialah bisa tercapainya suatu upaya mempertahankan dan meningkatkan penjualan untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar. Islam sangat mengedepankan prinsip saling rela (ridha) dan menghidari riba. Dimana konsumen yang membeli udang tambak belum mengetahui secara pasti bentuk dari udang yang dijual oleh pemilik itu sendiri.Dengan begitu apakah strategi pemasaran yang dilakukan pemilik udang tambak melakukan pemasaran dalam penjualannya sesuai dengan hukum Islam atau tidak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana praktik Strategi Pemasaran Budidaya Udang Tambak yang ada Desa Pengubaian. Bagaimana Tinjauan Dari Hukum Islam terhadap praktik Strategi Pemasaran Budidaya Udang Tambak Desa Pengubaian. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana praktik Strategi Pemasaran Budidaya Udang Tambak yang ada Desa Pengubaian. Bagaimana Tinjauan Dari Hukum Islam terhadap praktik Strategi Pemasaran Budidaya Udang Tambak Desa Pengubaian. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilakukan pada pemilik, pengelola dan konsumen udang tambak di Desa PengubaianKecamatan Kaur Selatan. Sumber data yang penulis gunakan adalah terdiri dari sumber data primer yaitu data-data yang diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi dan sumber data sekunder yaitu data-data yang diperoleh dari penelaahan buku-buku yang berkaitan dan menunjang penelitian ini.Setelah data terkumpul penulis melakukan analisis data dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menunjukkan bahwa praktikStrategi Pemasaran Budidaya Udang Tambak Desa Pengubaiandengan cara promosi yang dimana promosi bertujuan untuk memberi informasi, mempengaruhi iii atu membujuk kepada calon pelanggan agar produknya dapat digunakan dan diterima oleh konsumen penentuan hargaudang tambak yang dijual masih dalam tarif harga yang normal. Hal ini tentunya tidak bertentangan dengan hukum Islam. Dan transaksi pertukaran antara barang dengan barang atau barang dengan uang dengan jalan melepaskan hak milik dari satu dengan yang lain atas dasar saling merelakan sesuai dengan ketentuan yang dibenarkan syara’ (hukum Islam).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:32
Last Modified: 04 Nov 2022 07:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21631

Actions (login required)

View Item View Item