PENGEMBANGAN KAMUS SAKU PEM BELAJARAN IPA MERUJUK PADA KURIKULUM 2013 UNTUK PESERTA DIDIK SD/MI

ANGGI, SANTRI UTAMI (2022) PENGEMBANGAN KAMUS SAKU PEM BELAJARAN IPA MERUJUK PADA KURIKULUM 2013 UNTUK PESERTA DIDIK SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANGGI SANTRI UTAMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sains adalah ilmu pokok yang bahasannya berisikan pengetahuan alam dengan segala isinya. Berdasarkan pra penelitian di dua Sekolah Dasar banyak siswa yang lebih tertarik dengan pembelajaran IPA yang menggunakan media visual bergambar dan praktis. Media visual sendiri bisa di dapat dalam bentuk buku kamus. Namun, buku kamus IPA yang menarik, praktis dan bisa meningkatkan minat belajar sangat sulit ditemukan. Untuk mengetahui pendapat para ahli dan mengetahui respon peserta didik dari dua sekolah dasar terhadap kamus saku pembelajaran IPA maka penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari Borg and Gall. Kelayakan produk dilakukan dengan melakukan validasi pada ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan respon peserta didik. Penelitian ini menghasilkan produk berupa Kamus Saku yang layak untuk digunakan berdasarkan penilaian dari tiga validator yaitu, validator ahli materi memperoleh penilaian 87,33%, validator ahli media memperoleh penilaian 84,51%, validator ahli 91,8%. Respon peserta didik pada uji coba skala kecil memperoleh nilai persentase 79% dan respon peserta didik pada uji coba skala besar memperoleh nilai persentase 82,57%. Berarti bahwa kamus saku layak untuk digunakan. Kata kunci : IPA, Kamus Saku, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:02
Last Modified: 04 Nov 2022 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21630

Actions (login required)

View Item View Item