PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERMUATAN KARAKTER BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD/MI

NUR, INDAH RAHMAWATI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERMUATAN KARAKTER BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1&5, DAPUS.pdf] PDF
Download (18MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya pemanfaatan sarana, prasarana dan teknologi dalam pembelajaran. Masalah lain yang ditemukan yaitu nilai karakter pada diri peserta didik masih dalam kategori sedang. Pendidik belum pernah menggunakan media pembelajaran interaktif yang memuat nilai-nilai karakter. Pendidik dan peserta didik tertarik menggunakan media pembelajaran interaktif bermuatan karakter berbasis Articulate Storyline. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif bermuatan karakter menggunakan Articulate Storyline pada materi sifat dan perubahan wujud benda, mengetahui kelayakan serta respon dari pendidik dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) teori Borg & Gall. Penelitian pengembangan tersebut memiliki 10 langkah. Peneliti melakukan pembatasan hanya sampai 7 tahapan yaitu tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, dan revisi hasil uji coba. Pembatasan dilakukan karena disesuaikan dengan kebutuhan peneliti dan cukup menjawab rumusan masalah tidak sampai menyebarluaskan produk secara massal. Hasil penilaian produk sangat layak digunakan dengan persentase nilai kelayakan oleh ahli bahasa sebesar 84.16%, ahli materi 88.87%, dan ahli media 94%, rata-rata persentase validator ahli tersebut yaiitu 89% dengan kategori “sangat layak”. Hasil olah data pada angket pendidik IPA dan peserta didik untuk mengetahui kemenarikan produk memperoleh persentase sebesar 85.2% dan 91.1% yang diinterprestasikan bahwa produk media pembelajaran dinilai “sangat menarik”. Kesimpulan produk media pembelajaran interaktif bermuatan karakter berbasis Articulate Storyline sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran IPA pada materi sifat dan perubahan wujud benda kelas V SD/MI. Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Karakter, Articulate Storyline.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:52
Last Modified: 03 Nov 2022 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21625

Actions (login required)

View Item View Item