PERSPEKTIF FIQH SIYASAH MENGENAI PELAKSANAAN PERDA LAMPUNG BARAT NOMOR 02 TAHUN 2016 TENTANG RENCANA INDUK PEMBANGUNAN PARIWISATA (STUDI DINAS PARIWISATA LAMPUNG BARAT)

Yogi, Triyas Prabowo (2022) PERSPEKTIF FIQH SIYASAH MENGENAI PELAKSANAAN PERDA LAMPUNG BARAT NOMOR 02 TAHUN 2016 TENTANG RENCANA INDUK PEMBANGUNAN PARIWISATA (STUDI DINAS PARIWISATA LAMPUNG BARAT). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rencana Pembangunan pariwisata daerah Kabupaten Lampung Barat berupa pengelolaan Pembangunan usaha pariwisata, masih sepenuhnya kurang memadai dan kurang efektif karena masih banyak masyarat didaerah Kabupaten Lampung Barat tidak paham mengenai ketertiban wisata dan masih banyak masyarakat didaerah tersebut tidak memahami sepenuhnya tentang menjaga serta mengelola kelestarian lingkungan dengan perlunya mengevaluasi terkait dengan program Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan agar sesuai dengan konsep daerah No 2 Tahun 2016 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan.. Terdapat beberapa permasalahan yang memerlukan pembahasan lebih lanjut dalam penelitian ini yaitu (a) bagaimana pelaksanaan Perda Kabupaten Lampung Barat Nomor 02 Tahun 2016 Tentang Rencana Induk Pembangunan Pariwisata di Kabupaten Lampung Barat?(b) bagaimana perspektif hukum Islam terhadap pelaksanaan Perda Kabupaten Lampung Barat Nomor 02 Tahun 2016 Tentang Rencana Induk Pembangunan Pariwisata di Kabupaten Lampung Barat?. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pelaksanaan Perda Kabupaten Lampung Barat Nomor 02 Tahun 2016 Tentang Rencana Induk Pembangunan Pariwisata di Kabupaten Lampung Barat, memahami perspektif hukum Islam terhadap pelaksanaan Perda Kabupaten Lampung Barat Nomor 02 Tahun 2016 Tentang Rencana Induk Pembangunan Pariwisata di Kabupaten Lampung Barat. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) yaitu peneltian yang dilaksanakan berdasarkan konteks. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, yaitu mengumpulkan data dengan mencari data untuk kebutuhan menyelesaikan penelitian ini dengan beberapa metode pengumpulan data, yaitu wawancara, dokumentasi, dan sebagainya. Peneliti menyimpulkan Pembangunan pariwisata di Lampung Barat sudah diatur dalam kebijakan dan strategi Pembangunan Pariwisata Pasal 14 Perda Nomor 02 Tahun 2016 Tentang Rencana Induk Pembangunan Pariwisata. Namun, bahwa dalam pelaksanaanya RIPPDA (Rencana Induk Pembangunan Pariwisawata Daerah) masih belum berjalan secara maksimal. Peraturan Daerah dibidang pembangunan pariwisata di Lampung Barat dengan dikeluarkannya Perda Nomor 02 Tahun 2016 Tentang Rencana Induk Pembangunan Pariwisata merupakan bagian dari praktek siyasah tanfidziyyah syar’iyyah yang bertujuan untuk memberikan politik dalam pelaksanaan perundang-perundangan serta memberikan kemaslahatan dalam kehidupan bernegara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:14
Last Modified: 02 Nov 2022 07:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21620

Actions (login required)

View Item View Item