ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI DESA PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL DAN TRANSMIGRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 04 TAHUN 2015 TENTANG PENDIRIAN, PENGURUSAN, PENGELOLAAN DAN PEMBUBARAN BADAN USAHA MILIK DESA (Studi Pada Desa Neglasari Kecamatan Pagelaran Utara Kabupaten Pringsewu)

HENDRI, ARIS SUKMONO (2022) ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI DESA PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL DAN TRANSMIGRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 04 TAHUN 2015 TENTANG PENDIRIAN, PENGURUSAN, PENGELOLAAN DAN PEMBUBARAN BADAN USAHA MILIK DESA (Studi Pada Desa Neglasari Kecamatan Pagelaran Utara Kabupaten Pringsewu). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) sebuah badan perekonomian desa yang berbadan hukum dibentuk dan dimiliki oleh pemerintahan desa, dikelola secara ekonomis dan mandiri oleh desa. Tujuan Badan Usaha Milik Desa Didalam Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Trasmigrasi No 04 Tahun 2015 Tentang Pendirian, Pengurusan, Pengelolaan dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa yaitu meningkatkan perekonomian desa, Mengoptimalkan aset Desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan Desa. Meningkatkan usaha Masyarakat dalam pengelolaan potensi Ekonomi desa.fungsi BUMDES adalah: sebagai Motor penggerak perekonomian Desa, sebagai lembaga usaha yang memiliki pendapatan Asli Desa, serta sebagai sarana untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan Masyarakat Desa. Adapun rumusan masalah yang diambil antara lain 1) bagaimana implementasi Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No 04 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan, Pengelolaan, Pembubaran Badan Usaha Milik Desa di Desa Neglasari? 2) Bagaimana Pandangan Fiqh Siyasah Terhadap Pelaksanaan Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi N0 04 Tahun 2015 Tentang Pendirian, Pengurusan, Pengelolaan, Pembubaran Badan Usaha Milik Desa di Desa Neglasari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tetinggal dan Transmigrasi No 04 Tahun 2015 Tentang Pendirian, Pengurusan, Pengelolaan dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa di Desa Neglasari serta pandangan fiqh Siyasah Terhadap Peraturan Menteri Desa No 04 Tahun 2015 Tentang Pendirian, Pengurusan, Pengelolaan dan Pembubran Badan Usaha Milik Desa di Desa Neglasari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian lapangan (field research) yang mana penelitian ini bersifat kualitatif menggunakan analisis data secara induktif metode analisa data yang digunakan dengan teknik berfikir induktif dan deduktif metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini dalam pengurusan dan pengelolaan BUMDES Wira Arta di Desa Neglasari sudah berjalan baik dan sesuai dengan Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No 04 Tahun 2015, namun tetap masih ada kendala dalam BUMDES WiraArta di DesaNeglasari yaitu akses jalan yang kurang mendukung sehingga pengiriman air menjadi terhambat, kurangnya monitoring jumlah galon sehingga galon selalu berkurang dan terbatansnya kendaraan sehingga memperlambat pendistribusian galon isi ulang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:08
Last Modified: 02 Nov 2022 07:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21618

Actions (login required)

View Item View Item