PENGEMBANGAN MEDIA BUKU POP - UP DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK USIA DINI

SILVIA, TESA SUSANTI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU POP - UP DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK USIA DINI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of SKRIPSI SILVIA TESA SUSANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Media Pembelajaran merupakan alat perantara dalam memberikan materi kepada anak didik dalam proses pembelajaran. Di zaman modern, media pembelajaran sudah bermacam - macam, bukan hanya berupa buku yang menjadi media pembelajaran akan tetapi handphone dan komputer bisa menjadi sebuah media pembelajaran. Namun dalam media pembelajaran untuk anak usia dini media harus mampu menciptakan imajinasi pada anak, dan bukan hanya bergambar saja. Belakangan ini banyak media yang berkembang berupa gambar 3 dimensi, sebagian orang menyebutnya buku pop – up. Tujuan penelitian ini adalah mendesain dan mengembangkan media buku pop up sebagai alternatif media pembelajaran kemampuan keaksaraan pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ISI-ARE yang mempunyai 6 tahapan yaitu: (1) Investigation (2) Strategy (3) Improve (4) Assessment (5) Realization (6) Estimation. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validasi materi, lembar validasi media, dan lembar validasi bahasa lembar kepraktisan guru, dan lembar respon peserta didik, penelitian ini dilakukan di TK Puri Handayani Kedaton Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian ini menggambarkan bahwa media buku pop – up dikembangkan dengan metode yang modern dengan menggunakan aplikasi adobe illustrator sehingga lebih menarik dan imajinatif serta layak digunakan sebagai salah satu media alternatif dalam mengembangkan kemampuan keaksaraan anak usia dini. Dapat diilihat dari hasil skor rata – rata validasi ahli media mendapatkan skor sebesar 95%, ahli materi mendapatkan skor 92,73% dan ahli bahasa mendapatkan skor sebesar 80%, uji aspek kepraktisan pendidik mendapatkan skor 93,4%, uji coba kelompok kecil peserta didik mendapatkan hasil 88% dan uji coba lapangan memperoleh hasil 89,4% yang masuk dalam kriteria sangat layak Berdasarkan paparan diatas dapat disimpulkan bahwa produk media buku pop – up sebagai alternatif media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan layak digunakan untuk mengembangkan kemampuan keaksaraan anak usia dini. Kata Kunci : Media Buku Pop – Up, Model ISI ARE, Kemampuan Keaksaraan Anak Usai Dini

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Nov 2022 04:22
Last Modified: 02 Nov 2022 04:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21616

Actions (login required)

View Item View Item