TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAH JASA PEMBUATAN AQUASCAPE (Studi di Kios Aquascape Kelurahan Sidodadi Kecamatan Kedaton Bandar Lampung)

M., ARYANUGRAHA LAKSANA BIMANTARA (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAH JASA PEMBUATAN AQUASCAPE (Studi di Kios Aquascape Kelurahan Sidodadi Kecamatan Kedaton Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of SKRIPSI M. ARYANUGRAHA LAKSANA BIMANTARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Ijarah merupakan transaksi terhadap manfaat suatu barang dengan suatu imbalan, yang disebut dengan sewa-menyewa. Ijarah juga mencakup transaksi terhadap suatu pekerjaan tertentu, yaitu adanya imbalan yang disebut juga dengan upah mengupah. Upah atau ujrah dapat didefinisikan sebagai sejumlah uang yang dibayarkan oleh orang yang memberi pekerjaan kepada pekerja atas jasanya sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati. Upah kerja yang diberikan harus seimbang dengan jasa yang diberikan oleh pekerja. Salah satu bentuk pengupahan yang terjadi adalah pengupahan terhadap jasa pembuatan aquascape antara pengguna jasa kepada penyedia jasa pembuatan aquascape pada Kios aquascape di Kelurahan Sidodadi Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung. Adapun permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana praktik pengupahan dalam jasa pembuatan Aquascape di Kios Aquascape Kelurahan Sidodadi Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung dan bagaimana pandangan fiqh muamalah terhadap praktik pengupahan dalam jasa pembuatan Aquascape. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik pengupahan dalam jasa pembuatan Aquascape di Kios Aquascape Kelurahan Sidodadi Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung dan untuk mengetahui pandangan fiqh muamalah terhadap praktik pengupahan dalam jasa pembuatan Aquascape. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data yang diperoleh dari lokasi atau lapangan dan dianalisis secara deskriptif analisis yaitu suatu metode yang berfungsi untuk mendeskripsikan objek yang diteliti.Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui dokumentasi dan wawancara, penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Setelah data terkumpul maka peneliti melakukan analisis kualitatif dengan menggunakan metode dengan cara berfikir deduktif. iii Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditemukan bahwa, praktik pengupahan menggunakan pembayaran upah di awal dan menyebabkan kerugian pada pihak pengguna jasa karena terdapat ketidakjelasan dalam menentukan upah serta pihak mu’jir ingkar janji karena meminta biaya tambahan yang untuk perbaikan kembali Aquascape walaupun pada awal akad mu’jir memberikan garansi untuk ketidakpuasan hasil tanpa tambahan biaya dan menyebabkan kerugian yang dialami oleh musta’jir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Nov 2022 04:09
Last Modified: 02 Nov 2022 04:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21614

Actions (login required)

View Item View Item