PENGARUH PHYSICAL EVIDENCE, ISLAMIC BRANDING, ETHICAL PROBLEM DAN RELIGIUSITAS INTRINSIK TERHADAP CUSTOMER SWITCHING BEHAVIOR DARI BANK KONVENSIONAL KE BANK SYARIAH (Studi Pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia KCP Kotabumi)

SELVI, ANGGRAINI (2022) PENGARUH PHYSICAL EVIDENCE, ISLAMIC BRANDING, ETHICAL PROBLEM DAN RELIGIUSITAS INTRINSIK TERHADAP CUSTOMER SWITCHING BEHAVIOR DARI BANK KONVENSIONAL KE BANK SYARIAH (Studi Pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia KCP Kotabumi). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SELVI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Customer switching behavior dalam pengguna jasa digambarkan sebagai pertimbangan untuk menggunakan kategori jasa yang sama namun beralih atau berpindah dari penyedia jasa awal kepada penyedia jasa lainnya. Switching behavior seringkali terjadi ketika produk yang ditawarkan bank Syariah tidak mampu memberikan apa yang diinginkan oleh konsumen. Fenomena tersebut juga bisa disebabkan oleh beberapa variabel yaitu physical evidence, Islamic branding, ethical problem dan religiusitas intrinsik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial hubungan antara variabel physical evidence, Islamic branding, ethical problem dan religiusitas intrinsik terhadap customer switching behavior. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan sifat penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang melakukan switching behavior dari bank konvensional ke bank Syariah pada Bank Muamalat Indonesia KCP Kotabumi. Data nasabah diperoleh melalui wawancara kepada pihak manajer bank dan nasabah yang tercatat merupakan nasabah prioritas yang berhasil dihijrahkan oleh Bank Muamalat Indonesia KCP Kotabumi. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik quota sampling dan diperoleh 50 responden. Data yang diolah adalah data primer melalui penyebaran kuesioner kepada 50 nasabah Bank Muamalat Indonesia KCP Kotabumi yang melakukan perpindahan dari bank Konvensional. Hasil menunjukkan bahwa variabel Physical Evidence berpengaruh positif dan signifikan. Hasil pada variabel kedua menunjukkan bahwa variabel Islamic Branding berpengaruh negatif dan signifikan. Selanjutnya variabel Ethical Problem berpengaruh positif dan signifikan dan hasil pada variabel keempat menunjukkan bahwa variabel Religiusitas Intrinsik berpengaruh positif dan signifikan. Maka disimpulkan bahwa H1, H2, H3 dan H4 diterima. Kata Kunci: Physical Evidence, Islamic Branding, Ethical Problem, Religiusitas Intrinsik, Customer Switching Behavior. iv ABSTRACT Customer switching behavior in service users is described as a consideration for using the same service category but switching or switching from the initial service provider to another service provider. Switching behavior often occurs when the products offered by Islamic banks are not able to provide what consumers want. This phenomenon can also be caused by several factors, namely physical evidence, Islamic branding, ethical problems and intrinsic religiosity. This research was conducted using a quantitative approach with a descriptive nature of research. The population in this study were all customers who switched behavior from conventional banks to Islamic banks at Bank Muamalat Indonesia KCP Kotabumi. The sampling technique used in this research is using quota sampling technique and obtained 50 respondents. The data that is processed is primary data through the distribution of questionnaires to 50 customers of Bank Muamalat Indonesia KCP Kotabumi who moved from conventional banks. The results show that the Physical Evidence variable has a positive and significant effect. The results on the second variable indicate that the Islamic Branding variable has a negative and significant effect. Furthermore, the Ethical Problem variable has a positive and insignificant effect, meaning that the Ethical Problem has an effect on customer switching behavior and the results on the fourth variable indicate that the Intrinsic Religiosity variable has a positive and significant effect, meaning that Intrinsic Religiosity has an effect on customer switching behavior. It is concluded that H1, H2, H3 and H4 are accepted. Key Word: Physical Evidence, Islamic Branding, Ethical Problems And Intrinsic Religiosity, Customer Switching Behavior.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:22
Last Modified: 02 Nov 2022 02:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21610

Actions (login required)

View Item View Item