IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DI MA DAARUL MA’ARIF NATAR LAMPUNG SELATAN

M. Afan, Alfani (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DI MA DAARUL MA’ARIF NATAR LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL  M. AFAN ALFANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kurikulum 2013 merupakan pengembangan atas kurikuluum sebelumnya yaitu kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Namun dalam pelaksanakan program kurikulum 2013 mempunyai sebuah masalah karena penerapannya secara Universal tidak mudah dan mengalami perkembangan-perkembanngan yang signifikan sehingga perkembangan kurikulum yang sering berubah-ubah membuat penerapannya pada suatu madrasah menjadi sulit. Namun dibalik itu Penerapan kurikulum mempunyai tujuan yaitu diharapkan lebih dapat memaksimalkan kemampuan dan mencoba menekan kelemahan bagi lembaganya, sehingga dapat mencapai pada tujuan dan sasaran yang dicita-citakan oleh Lembaga Pendidikan . Penuulis untuk mengumpulkan data dengan metede penelitiian Kualitatf dengan Teknik Snawball sampling, menganalisis data, menarik kesimpulan, dan mengkomunikasikan konsep, hukum maupun prinsip yang ditemukan). Pendekatan ini juga dimaksudkan memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam mengenal dan memahami berbagai materi menggunakan pendekatan ilmiah, bahwa informasi dapat diperoleh dari mana saja tidak harus bergantung pada informasi dari guru. Dengan cara tersebut penulis dapat menemukan hasil Pada penelitiannya yaitu MA Da’arul Maarif Natar Lampung Selatan telah menerapkan Kurikulum 2013 pada tahun 2019 dan mengimplementasikan dalam proses pembelajaran sesuai dengan standar proses yang berlaku, menjadikan konsep kurikulum dimaksudkan untuk dapat mengarahkan Pendidikan menuju arah dan tujuan kegiatan pembelajaran secara keseluruhan. Kata Kunci: Implementasi Kurikulum ABSTRACT The 2013 curicculum is a development of the previous curriculum, namely the Education unit Level Curiculum (KTSP). Hwever, in implementing the 2013 curicuum program, it has a problem because its universal application is not easy and undergoes significant developments so that curriculum developments that ofthhen change make its application to a madrasa. Be difficult but behind that, the application of the curriculum has a goal, which is expected to be able to maximize capabilities and try to suppress weaknesses for the institution so that it can achieve the goals and objectives aspired by the educational Institution The author collect data using qualitative research methhods with the Snawball Samplling technique, analyze data, draw conclusions, and communicate concepts, laws and principles found). This approach wes also intended to provide materials using a scientific approach, that information can be obtained from aanywhere and does not have to depend on information from the teacher. In this way the author can find a phenomenon in his research, namely MA Da’arul Maarif Natar South Lampung has implemented the 2013 Curricculum in 2019 and implemented in the learning process in accordance with applicable process standard, making the curriculum concept intended to be able to direct education towards the direction and objectives of activities. Overall learning. Keywords: Implementation curiculum

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:59
Last Modified: 01 Nov 2022 03:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21606

Actions (login required)

View Item View Item