PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUINDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BIOLOGI DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA

HERIN, Joyo (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUINDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BIOLOGI DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of HERIN FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCES ORIENTED GUINDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BIOLOGI DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA Oleh : Herin Penulis melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Process Oriented Guinded Inquiry Learning (POGIL) terhada kemampuan kemampuan berpikir kritis biologi ditinjau dari self confidence siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guinded Inquiry Learning (POGIL) terhadap kemampuan berpikir kritis, (2) ada tidaknya pengaruh self confidence terhadap kemampuan berpikir kritis (3) ada tidaknya intraksi antara model pembelajaran Process Oriented Guinded Inquiry Learning (POGIL) dengan self confidence terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen. Design yang digunakan pada penelitian yaitu faktorial design. Pada penelitian ini teknik pengumpulan sempel menggunakan random sampling dengan jumlah sempel sebanyak 58 siswa kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa dan kelas kontrol sebanyak 28 siswa. Teknik analisis data kemampuan berpikir kritis dan data angket dengan menggunakan uji analisisi varians dua jalan sel tak sama dengan menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guinded Inquiry Learning (POGIL) terhadap kemampuan berpikir kritis. (2) tidak terdapat pengaruh self confidence tinggi, sedang, rendah terhadap kemampuan berpikir kritis. (3) tidak terdapat intraksi antara model pembelajaran Process Oriented Guinded Inquiry Learning (POGIL) dan self confidence terhadap kemampuan berpikir kritis. Kata kunci: Model POGIL, Berpikir Kritis, Self Confidence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:39
Last Modified: 01 Nov 2022 03:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21604

Actions (login required)

View Item View Item